Kisah Sukses Seth Klarman

kisah sukses seth klarman

Kisah Sukses Seth Klarman

Kisah sukses dari investor saham kali ini yang akan dibahas adalah Seth Klarman. Pengarang buku Margin of Safety serta Pendiri dan CEO Baupost Group.

Margin Of Safety
Margin Of Safety

Seth Klarman merupakan salah satu milyarder Amerika Serikat. Perusahaan yang Ia dirikan telah berhasil mengelola dana hingga puluhan milyar Dolar yang berbasis di Boston, Amerika Serikat. 

Pingin tahu bagaimana seorang Seth Klarman dapat mencapai kesuksesannya hingga kini. Di artikel kali ini, kita akan membahas mengenai kisah sukses Seth Klarman mulai dari perjalanan hingga tips – tips suksesnya.

Biografi Singkat

Seth Klarman lahir pada tanggal 21 Mei 1957 di New York City. Ayahnya adalah seorang ekonom di Universitas Johns Hopkins, sedangkan Ibunya bekerja sebagai seorang psikiatrier. Pada usianya yang ke enam tahun, keluarga Seth Klarman pindah ke wilayah Baltimore, Maryland.

Bibit menjadi seorang milyader telah terlihat pada Seth Klarman sejak kecil, terlihat ketika ia mendekorasi kamarnya seolah menjadi toko ritel dengan memasang label harga pada semua barang miliknya.

dekorasi kamar
dekorasi kamar

Selain itu, Ia juga telah pandai mencari peluang bisnis dengan menawarkan jasa seperti menjadi loper koran, menyekop salju, dan memiliki usaha kecil penjualan koleksi perangko setiap akhir pekan.

Kisah Sukses
Kisah Sukses

Bahkan ketika Seth Klarman berusia 10 tahun, Ia telah membeli satu lembar saham Johnson & Johnson dan secara teratur menelepon brokernya untuk mendapatkan penawaran harga saham.

Untuk lebih memperdalam ilmu bisnisnya, Seth Klarman mengambil jurusan di bidang ekonomi pada Universitas Cornell di Ithaca, New York. Saat kuliah, Seth Klarman sempat magang pada salah satu perusahaan reksa dana. Disana Ia diperkenalkan ke Max Heine dan Michael Price, mereka merupakan investor sukses di New York.

Pada tahun 1979, Seth Klarman lulus  dengan predikat magna cumlaude di bidang ekonomi. Setelah lulus, Ia kembali ke perusahaan tempatnya magang dulu untuk bekerja selama 18 bulan sebelum memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di Harvard Business School untuk meraih gelar MBA.

Perjalanan Karir Seth Klarman 

Pada tahun 1982 saat menempuh pendidikannya di Harvard Business School, Seth Klarman mendirikan Baupost Group dengan seorang profesor Harvard, William J. Poorvu dan rekannya Howard H. Stevenson, Jordan Baruch, dan Isaac Auerbach.

William J. Poorvu meminta Seth Klarman dan rekan-rekannya untuk mengelola sejumlah uang yang telah Ia kumpulkan dari penjualan sahamnya di sebuah stasiun televisi lokal dengan modal awal sebesar 27 Juta Dollar Amerika.

Penghasilan awalnya adalah sebesar $ 35.000 per tahun. 

Seth Klarman percaya bahwa ada peluang pasar bagi investor dalam beberapa bulan mendatang dan setelah jatuhnya AIG (American International Group) dan Lehman Brother.

Ia berinvestasi besar-besaran di pasar ekuitas, bahkan mencapai 100 Juta Dollar Amerika ke dalam saham. Sementara pasar saham turun karena krisis, Ia membeli banyak surat berharga dan obligasi.

Pada tahun yang sama, Seth Klarman mulai membeli kredit bermasalah setelah krisis keuangan 2007-2008. Ia membeli obligasi CIT Group, sebuah perusahaan keuangan yang berbasis di New York City dengan harga 65 sen Dollar Amerika dengan yield rate 15%.

Pada saat itu, FacetBiotech memiliki 17 Dollar Amerika per lembar saham. Seth Klarman mencatat bahwa ketika saham dipisahkan dari perusahaan induk mereka yang lebih besar, mereka menjadi “murah dan diabaikan”.

Ketika Biogen akhirnya mencoba mengambil alih perusahaan yang bermusuhan menawar harga hingga 14 Dollar Amerika per saham, Abbott Laboratories meminta 27 Dollar Amerika per saham untuk akuisisi.

Secara tak langsung, akibat hal tersebut aset Seth Klarman tahun itu naik + 27%. Pada 2016, dana tersebut memiliki aset yang dikelola US $ 31 miliar.

Filosofi Dalam Berinvestasi

Sebagai trader konservatif, Seth Klarman adalah pengikut setia Benjamin Graham yang dikenal sebagai “The Father of Value Investing“. Selama wawancara di Harvard Business School, Ia menyatakan:

“Ternyata nilai investasi adalah sesuatu yang dalam darahmu. Ada orang yang tidak memiliki kesabaran dan disiplin untuk melakukannya, dan ada orang yang melakukannya. Jadi itu membuatku berpikir itu genetik.”

“Anda pada dasarnya membeli barang dengan harga murah, menariknya semua studi menunjukkan bahwa itu berhasil untuk orang yang mengejar pertumbuhan.

Lainnya halnya dengan orang yang mengejar barang dengan harga tinggi, pasti akan rugi karena mereka membayar harga premium. Mereka kalah dari orang-orang yang lebih sabar dan disiplin.“

Selama krisis keuangan 2007-2008, Baupost Group termasuk salah satu perusahaan yang lolos dari krisis keuangan global tahun 2007, hal ini berkat kejelian Seth Klarman dalam mengantisipasi terjadinya krisis. Bahkan saat tahun tersebut, asetnya naik + 27%.

Seth Klarman juga merupakan investor yang tidak suka mengikuti arus. Click To Tweet

Ia biasanya membeli aset yang tidak populer saat mereka undervalued, menggunakan derivatif yang kompleks, dan membeli opsi beli.

Kisah Sukses Trading Saham
Kisah Sukses Trading Saham

Ia adalah investor yang sangat konservatif, dan sering memegang sejumlah besar uang tunai dalam portofolio investasinya, kadang-kadang melebihi 50% dari total. Meskipun memiliki strategi yang tidak biasa, Seth Klarman secara konsisten mencapai pengembalian tinggi.

Seth Klarman menilai, “margin of safety” tercapai ketika suatu aset dibeli pada harga yang cukup jauh di bawah underlying value-nya, sehingga memberi ruang untuk human error, nasib sial, ataupun volatilitas tinggi yang mungkin terjadi di dunia finansial yang tak mudah diprediksi dan senantiasa mengalami perubahan.

Itu lah kisah sukses investor saham, Seth Klarman yang memulai karir dari bawah hingga mendapatkan peringkat 17 untuk The Highest-Earning Hedge Fund Managers 2017 versi Majalah Forbes.

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham  (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat