ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Jumlah Investor Kripto Mengalahkan Jumlah Investor Saham, Why?

Jumlah Investor Kripto Mengalahkan Jumlah Investor Saham

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengatakan jumlah investor aktif di aset kripto, seperti bitcoin, ethereum, dan lain sebagainya, per Januari-Maret 2021 mencapai 4,2 juta orang. Angka ini jauh mengungguli jumlah investor saham.

Menurut data Bursa Efek Indonesia (BEI), jumlah investor yang terdaftar sebagai Single Investor Identification (SID) saham mencapai 2.001.288 akun per Februari 2021.

Jumlah user di Binance tahun 2020 bahkan sudah mencapai 30 juta orang.

Yang jadi pertanyaan, mengapa investasi kripto jauh lebih populer dari investasi saham?

Menurut saya penyebabnya antara lain:

1. BEI kurang promosi investasi saham.
Selama puluhan tahun berdiri investor saham di Indonesia masih di bawah 10 juta orang. Itu artinya BEI kurang aktif dalam melakukan promosi.
Kripto di Indonesia baru beberapa tahun berdiri, sudah punya user mencapai 4 juta orang. Nyaris 2x lipat jumlah investor saham.

2. Untuk daftar kripto jauh lebih cepat. 1 jam – 1 hari bisa langsung jadi akun. Di saham bisa butuh waktu berhari-hari hingga berbulan-bulan untuk daftar akun.

3. Di kripto dengan modal 10rb saja sudah bisa beli BTC dan ETH. Di BEI belum ada sistem jual beli fraksional seperti itu. Kita tidak mungkin bisa beli saham BBCA jika hanya punya duit 10.000 rupiah. Jadi sistem jual beli saham saat ini tidak mendukung investor kalangan bawah. Harusnya BEI mulai memikirkan agar kita bisa jual beli saham dengan satuan lembar. Jangan lagi pakai satuan lot agar bisa menjangkau lebih banyak investor semua kalangan. Sistem jual beli saham saat ini cenderung elitis. Hanya menguntungkan orang yang punya modal besar saja. Padahal sebenarnya banyak orang yang ingin beli saham BBCA dan GGRM. Tapi mereka semua terhalang oleh mahalnya selot saham GGRM dan BBCA. Akhirnya mereka pun beli saham gorengan yang harga selot nya lebih murah.

Di kripto harga BTC 50.000 dollar. Tapi kita tetap bisa beli dengan duit 10.000 – 50.000 rupiah saja di Indodax dan Tokokripto atau bisa beli dengan duit 10 dollar saja jika itu di Binance. Jadi Transaksi di kripto bisa menjangkau lebih banyak kalangan ketimbang investasi di saham.

4. Di kripto tidak perlu banyak analisis macam – macam. Cukup ikutan bandwagon yang paling ramai selesai. Semuanya murni market madness. Jadi pilihannya di kripto hanyalah ikutan kegilaan market atau wait and see.

Berbeda dengan di saham, mungkin karena saking susahnya akhirnya banyak bermunculan aliran analisis mulai dari fundamental, teknikal, bandarmology, hingga ustadzmologi.

Investor awam tidak suka dengan analisis ribet, mereka maunya YPC YOLO YOLO. Itulah mengapa investasi di kripto lebih mudah diterima banyak kalangan.

Jika BEI ingin menggaet lebih banyak nasabah, maka satu – satunya cara adalah mengikuti crypto way. Ikuti cara crypto menggaet banyak nasabah. Buat saham menjadi lebih mudah diakses oleh semua kalangan masyarakat. Jangan jadikan saham sebagai konsumsi investor elit saja.

Bagaimana pendapat kalian?

Artikel Skydrugz Yang Lainnya Tentang Kripto dan Investasi di Luar Negeri:

1. Cara Deposit di Binance. 

2. Cara Daftar di Akun Kripto Agar Bisa Beli Bitcoin dan Dogecoin

3. Cara trading di market luar negeri. 

4. Cara Beli Saham TSLA di Binance

5. Cara Mendapatkan Passive Income dari Binance: Menabung Kripto dapat Bunga Seperti Menabung di Bank

6. Teknik Trading di Binance

7. Menjaga Psikologi Agar Tetap Waras

8. Mengenai Pajak Dividen Saham Yang Dibeli di Luar Negeri

 

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Jika ingin diskusi saham via Telegram bisa dengan menjadi Nasabah Sucor Referal TIRA2 dengan PM saya @skydrugz27 di Telegram

Setelah mengisi form, bisa menghubungi @skydrugz27 via Telegram.

Untuk Insights Saham bisa ke sini.

Bagi yang mau buka akun Kripto bisa di Binance atau Tokokripto pakai link di sini.

Bagi yang mau join grup kripto bisa isi form PintarKripto.

Jika ingin pesan analisis Laporan Keuangan Kuartalan Komprehensif dari Pintarsaham.id bisa pesan di sini

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

Leave a Reply