Biografi Ray Dalio

Biografi Ray Dalio

Biografi Ray Dalio, Ray Dalio merupakan pendiri perusahaan hedge fund terbesar di dunia, Bridgewater Associates. Perusahaan ini mengelola dana sekitar $ 160 miliar atau jika dirupiahkan sebesar Rp 2.400 T (1 US $ = 15.000).

Metode Dalio dianggap kontroversial dalam membangun bisnisnya. Salah satunya adalah merekam rapat dan mendorong kejujuran di antara stafnya, metode ini terbukti sangat efektif selama beberapa tahun terakhir dalam gejolak pasar dan volatilitas.

Ray Dalio lahir di Jackson Heights, Queens pada tahun 1949. Pada saat itu, keluarganya tidak memiliki koneksi ke industri keuangan. [Tweet "Ayah Ray adalah seorang musisi jazz yang memainkan klarinet dan saksofon di klub jazz, Manhattan.”]

Biografi Ray Dalio pertama mulai mendapatkan minat di dunia keuangan ketika dia berusia sekitar 12 tahun. Pada saat itu, dia bekerja sebagai caddy di Links Golf Club, yang dekat dengan sekolahnya. Orang-orang dari Wall Street (pusat pasar modal Amerika Serikat) sering mengunjungi tempat tersebut dan Dalio belajar dari mereka.

Saat itu tahun 1960-an dan pasar modal sedang booming, Dalio, yang baru berusia 12 tahun pada saat itu, terobsesi dengan pembicaraan di lapangan golf, yang biasanya berkisar seputar pasar modal.

Biografi Ray Dalio
Biografi Ray Dalio

Ray mengambil kiat dan saran dari anggota klub dan segera membeli saham pertamanya; Northeastern Airlines. Dengan $ 5 per saham, Northeastern adalah satu-satunya saham yang Dalio mampu beli, dia telah menabung $ 300 dari pekerjaannya di lapangan golf.

Ray sangat beruntung dengan pilihan pertama ini. Segera setelah dia membeli saham, saham Northeastern meningkat sebanyak tiga kali lipat dari harga yang Dalio beli. Ray Dalio segera ketagihan. Dalam kata-katanya sendiri, “Saya pikir ini adalah permainan yang mudah.”

Pada saat Dalio kuliah, dia telah membangun sebuah portofolio saham senilai beberapa ribu dolar. Setelah memperoleh prestasi akademis yang sangat baik di kampus, Ray Dalio melanjutkan untuk masuk ke Harvard Business School.

Antara perguruan tinggi dan sekolah pascasarjana, selama musim panas 1971, Dalio bekerja sebagai pegawai di Bursa Efek New York.

Ray Dalio pernah bekerja di Shearson pada  departemen komoditas berjangka. Pekerjaannya; untuk memberi saran kepada para petani, peternak sapi dan produsen biji-bijian khususnya tentang bagaimana melindungi risiko.

Dalio mengelola Bridgewater berdasarkan 210 prinsip yang dia kumpulkan untuk karyawannya. Sayangnya, tidak ada cukup ruang untuk membahas semua prinsip di sini, jadi berikut adalah 20 teratas.

20 Prinsip dari Ray Dalio
20 Prinsip dari Ray Dalio

Prinsip oleh Ray Dalio – Bridgewater Associates

  1. Kenali perbedaan kebutuhan setiap orang.
  2. Bangun tim Anda dengan hati-hati.
  3. Jalankan tim Anda seperti mesin.
  4. Kenali apa yang tidak Anda ketahui.
  5. Minimalkan risiko.
  6. Ingat Aturan 80/20 – 80% hasil berasal dari 20% usaha.
  7. Temukan hasil yang akan membuat Anda terus berkembang.
  8. Tempatkan prinsip sebagai hal yang paling utama.
  9. Ajari tim Anda bahwa tidak apa-apa gagal jika mendapatkan suatu pembelajaran.
  10. Bersikaplah transparan dan jujur ​​kepada karyawan, dan minta mereka melakukan hal yang sama.
  11. Ketahui apa yang merupakan masalah dan identifikasi mereka ketika muncul.
  12. Tentukan akar permasalahan.
  13. Jadilah akurat.
  14. Pandu perkembangan karyawan Anda.
  15. Jika seseorang tidak bekerja sesuai dengan perannya, keluarkan mereka.
  16. Bantu karyawan memahami masalah mereka dan bagaimana menyelesaikan masalah mereka.
  17. Bangun tim Anda untuk mencapai tujuan.
  18. Selalu capai apa yang Anda telah rencanakan.
  19. Carilah keselarasan
  20. Pahami bahwa membuat kontrak atau perjanjian adalah keputusan terpenting yang dapat Anda buat.

Ray Dalio di tahun 2011 membuat buku yang berjudul Principles yang berisikan prinsip-prinsip yang ia lakukan selama ini sehingga berhasil membangun perusahaannya dari nol hingga menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia.

WhatsApp chat