ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Biografi Mark Mobius, adalah ketua eksekutif Templeton Emerging Markets Group. Mark Mobius bergabung dengan Templeton pada 1987, dan ia saat ini memimpin tim riset Templeton yang berkantor di 18 negara berkembang.

Selain itu, ia mengelola portofolio pasar berkembang di Templeton. Mark Mobius mengembangkan reputasi untuk mengelola saham yang harganya tergolong dibawah nilai intrinsiknya terhadap potensi pertumbuhan mereka.

Mark Mobius telah berinvestasi di pasar negara berkembang global selama lebih dari 40 tahun dan telah menerima banyak penghargaan industri. Mark Mobius dipilih oleh rekan-rekannya ke daftar 10 investor teratas pada abad ke-20, menempatkannya bersama Warren Buffett, Julian Robertson, dan George Soros.

Pada tahun 2006, majalah Asia Money mendaftarkan Mark Mobius sebagai salah satu dari “Top 100 Most Powerful and Influential People.” Asia Money menyatakan bahwa Mark Mobius “membanggakan salah satu profil tertinggi dari setiap investor di wilayah tersebut dan dianggap oleh banyak orang di industri keuangan sebagai salah satu investor pasar berkembang paling sukses selama 20 tahun terakhir.

Selain itu, ia telah menulis beberapa buku, antara lain “Trading with China”, “The Investor’s Guide to Emerging Markets”, “Mobius on Emerging Markets”, “Passport to Profits”, “Equities—An Introduction to the Core Concepts,”, ” Mutual Funds—An Introduction to the Core Concepts”, The Little Book of Emerging Markets ” dan “Mark Mobius: An Illustrated Biography.”

Mark Mobius meraih gelar Sarjana dan Master dari Boston University, dan gelar Ph.D. di bidang ekonomi dan ilmu politik dari Massachusetts Institute of Technology.

  • Filosofi investasi

Mark Mobius menggunakan filosofi investasi bottom-up (dari baah ke atas), jangka panjang, dan berorientasi nilai (value investing) di pasar yang sedang berkembang dan terdepan. Mark Mobius menggunakan pendekatan langsung, berkeliling dunia hanya untuk melakukan kunjungan perusahaan secara pribadi.

Mark Mobius dan timnya telah menggunakan strategi investasi yang sama selama lebih dari 25 tahun. Tim mewarisi pendekatannya dari Sir John Templeton, yang menyimpulkan pemikirannya dengan baik dengan kata-kata ini : [bctt tweet=”Membeli ketika orang lain putus asa menjual dan menjual ketika orang lain membeli” via=”no”]

Ketika mencari saham untuk diinvestasikan, Mobius dan timnya menyaring lebih dari 25.000 saham. Mobius melakukan analisis kuantitatif dan kualitatif mendalam untuk menilai potensi nilai jangka panjang setiap perusahaan.

Analisis kuantitatif mencakup laporan keuangan lima tahunan yang diaudit secara historis dan perkiraan lima tahun berdasarkan proyeksi laba yang dinormalisasi di masa mendatang, arus kas, atau potensi nilai aset.

Analisis kualitatif mencakup pemahaman tentang bisnis perusahaan, kualitas manajemen, struktur kepemilikan, tata kelola perusahaan, dan komitmen untuk menciptakan nilai pemegang saham. Itu termasuk pemahaman tentang siapa yang memiliki dan mengendalikan perusahaan, bagaimana ia beroperasi, dan di jenis pasar apa.

Setelah menyaring peluang terbaik, Mobius dan timnya melakukan penelitian di lapangan. Saat ini ada 53 profesional investasi di tim Templeton Emerging Markets yang tersebar di 18 kantor global yang mengunjungi 1.500-2.000 perusahaan per tahun.

Penelitian mendasar yang sedang berlangsung mendorong semua keputusan membeli dan menjual. Analis Templeton menetapkan harga target untuk saham tertentu dan meninjau semua kepemilikan secara berkala.

[bctt tweet=”Sebagai investor nilai, Mobius dan timnya berusaha untuk berinvestasi di perusahaan yang sedang dalam harga diskon jika dibandingkan dengan proyeksi penilaian selama lima tahun.” via=”no”]

Leave a Reply