Biografi Joel Greenblatt

biografi joel greenblatt

Biografi Joel Greenblatt merupakan seorang tokoh pada bidang investasi saham yang menggunakan strategi saham berdasarkan nilai. Beliau adalah tokoh yang terkenal akan kontribusinya pada strategi investasi saham yang disebut dengan “The Magic Formula”. Pada tahun 1985, Joel Greenblatt mendirikan sebuah hedge fund (pengelola investasi) yang dinamakan Gotham Capital, dengan nilai investasi awal sebesar $ 7 juta. Joel Greenblatt juga pernah menjabat sebagai managing principal dan Co-COP di perusahaan Gotham Asset Management, LLC, yang ditujukan untuk investor institusional dan ritel.

Greenblatt juga merupakan pendiri dari New York Securities Auction Corporation (NYSAC). Sejak tahun 1993, Greenblatt telah menjadi chairman dan principal executive principle di St Lawrence Seaway Corp. Selain itu, Greenblatt juga pernah menjabat sebagai direktur di perusahaan Pzena Investment Management.

Sebelum berfokus pada bidang value investing, Greenblatt bekerja sebagai penasihat khusus pada Rhapsody Acquisition Corp dan Arpeggio Acquisition Corp. Beliau dikenal sebagai mantan ketua Alliant Techsystems. Saat ini, beliau menjadi asisten profesor pada mata kuliah Value and Special Situation Investing di sekolah bisnis Universitas Columbia.

Biografi Joel Greenblatt adalah anggota Komite Investasi Dewan Direksi untuk Universitas Pennsylvania dan Federasi UJA. Biografi Joel Greenblatt lulus dari Wharton University of Pennsylvania summa cum laude pada tahun 1979, dan menerima gelar MBA pada tahun 1980.

Ia juga merupakan penulis 2 buku best-seller “You Can Be a Stock Market Genius” dan “The Little Book That Beats the Market”, yang telah mengilhami dan mengubah pandangan banyak investor di seluruh dunia. Dia baru-baru ini merilis sebuah buku baru, ‘The Big Secret for the Small Investor”.

Biografi Joel Greenblatt : Filosofi investasi

Biografi Joel Greenblatt merupakan pengikut dari pendekatan investasi berbasis nilai (value-based investment) dan mulai membangun forum investasi yang dinamakan valueinvestorsclub.com, yang hanya terbatas untuk 250 anggota dan memiliki ide saham yang sangat baik yang tersedia untuk publik. Greenblatt juga mendirikan magicformulainvesting.com, yang berusaha mendorong adopsi gaya investasi yang disorot oleh Magic Formula-nya untuk investor ritel.

Greenblatt memiliki salah satu catatan paling mengesankan untuk ukuran manajer investasi dalam sejarah. Perusahaannya Gotham Capital, menghasilkan pengembalian tahunan sebesar 40% selama dua puluh tahun 1985 hingga 2005. Ia mencapai hasil fenomenal ini dengan menggunakan banyak metode yang dipraktekkan dalam bukunya “You Can Be a Stock Market Genius”.

Biografi Joel Greenblatt
Biografi Joel Greenblatt

Magic Formula merupakan salah satu strategi investasinya yang terkenal dimana secara sederhananya membagi dua kriteria dalam berinvestasi saham yaitu harga saham dan biaya modal perusahaan atau company cost of capital . Metode penyaringan ala Greenblatt dilakukan dengan mengurutkan perusahaan berdasarkan yield laba perusahaan (laba sebelum bunga dan pajak) dengan menghitung laba per lembar saham dengan harga saham perusahaan tersebut. Return on Capital dengan mengukur seberapa efisien suatu perusahaan menghasilkan laba dari aset yang dimiliki. Penggunaan Magic Formula hanya dapat diaplikasikan untuk perusahaan dengan kapitalisasi pasar diatas US$ 100 juta (karena dia mencobanya di Pasar Modal Amerika Serikat) dan perhitungan ini tidak berlaku untuk perusahaan keuangan.

Hasilnya dengan menggunakan strategi ini adalah tingkat hasil investasi sebesar 30% dalam setahun dan lebih baik dari indeks pasar di Amerika Serikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *