ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Biografi Burton Malkiel (lahir 28 Agustus 1932) adalah seorang ekonom dan penulis Amerika. Terkenal dengan buku keuangan klasiknya yang berjudul “A Random Walk Down Wall Street”.

Burton Malkiel adalah pendukung dari hipotesis pasar efisien, yang berpendapat bahwa harga aset yang diperdagangkan secara publik mencerminkan semua informasi yang tersedia untuk umum, meskipun ia juga menunjukkan bahwa beberapa pasar ternyata tidak efisien.

Malkiel adalah seorang profesor ekonomi di Universitas Princeton, dan merupakan ketua departemen ekonomi dua kali di sana. Dia menjabat sebagai anggota Dewan Penasihat Ekonomi (1975-1977), presiden American Finance Association (1978), dan dekan Sekolah Manajemen Yale (1981-1988).

Dia juga menghabiskan 28 tahun sebagai direktur Grup Vanguard. Saat ini ia menjabat sebagai Chief Investment Officer untuk penasihat keuangan berbasis perangkat lunak, Wealthfront Inc.  dan sebagai anggota Dewan Penasihat Investasi untuk Rebalance IRA.

Pada tahun 1949, Malkiel lulus dari Boston Latin School, dan melanjutkan untuk menerima gelar sarjana (1953) dan MBA (1955) dari Harvard University. Dia awalnya masuk ke dunia bisnis, tetapi selalu memiliki minat dalam ekonomi akademik dan akhirnya mendapatkan gelar doktornya (1964) dari Universitas Princeton.

Selain beberapa buku, ia juga menulis artikel yang berpengaruh, termasuk “The Valuation of Closed-End Investment Company Shares” Journal of Finance (1977). Jika nilai aset bersih dan kapitalisasi pasar hanya dua cara untuk mengukur hal yang sama, lalu mengapa ada perbedaan yang konsisten di antara mereka?

Pada 22 Juli 2005, Malkiel pensiun dari 28 tahun masa kerjanya sebagai direktur Vanguard Group dan pengurus dana Mutual Vanguard, namun tetap berafiliasi erat dengan Vanguard karena filosofi investasi Vanguard yang serupa.

Malkiel baru-baru ini menulis sebuah buku, dan telah berbicara banyak tentang peluang investasi di China. Dia saat ini adalah Chief Investment Officer dari AlphaShares Investments, “sebuah perusahaan manajemen investasi yang didedikasikan untuk menyediakan investor dengan strategi dan produk yang memungkinkan mereka untuk berpartisipasi dalam ledakan ekonomi China.”

AlphaShares memiliki indeks berlisensi untuk Claymore Securities sebagai basis untuk dua bursa saham yang diperdagangkan di bursa China (ETF).

Biografi Burton Malkiel
Biografi Burton Malkiel
  • Prinsip Investasi Malkiel 

Malkiel adalah seorang yang sangat percaya bahwa, terlepas dari ketidakpastian yang menyelimuti Cina (keresahan di pedesaan, terlalu banyak investasi / gelembung, pemerintahan yang tidak demokratis) Cina adalah sumber peluang investasi yang layak.

Menurut hipotesis pasar efisien, saham China tidak dapat memiliki imbal hasil yang disesuaikan dengan risiko yang lebih baik daripada saham AS, kecuali secara kebetulan.

[bctt tweet=”Buku yang ia buat berjudul A Random Walk Down Wall Street percaya bahwa gerak harga saham tidak dapat diprediksi dengan analisis apapun karena bersifat random.” via=”no”]

Malkiel percaya bahwa strategi yang paling efektif adalah beli dan pegang dalam jangka Panjang. Di bukunya Malkiel melakukan riset yang menunjukkan bahwa sebagian besar reksa dana di Amerika Serikat gagal mengalahkan kinerja pasar.

Leave a Reply