Bagaimana Cara Membuat Dana Darurat

Bagaimana Cara Membuat Dana Darurat_

Bagaimana Cara Membuat Dana Darurat

Ada baiknya sebelum berinvestasi agar menyiapkan dana darurat terlebih dahulu. Dana darurat (emergency fund) merupakan dana yang memang sengaja disiapkan untuk keadaan yang tidak bisa kita prediksi.

Misalnya pengobatan ke rumah sakit, perbaikan alat – alat rumah tangga, dan hal – hal darurat lainnya.

Mengapa Anda harus menyiapkan dana darurat? Umumnya, jika sesuatu hal terjadi mendadak dan membutuhkan biaya besar, kebanyakan orang akan memikirkan untuk meminjam uang. Hal ini lah yang dapat dihindari bila telah memiliki dana darurat.

Lalu bagaimana cara membuat dana darurat?

  • Pahami Kondisi Keuangan

Perhatikan pendapatan yang Anda peroleh dan pengeluaran sehari – hari. Hal ini dilakukan agar Anda dapat menentukan berapa penghasilan yang dapat disisihkan. Melakukan hal ini juga dapat untuk mengetahui apa saja pengeluaran Anda yang ternyata lakukan selama ini.

  • Tentukan Target Jumlah Dana Darurat

Setelah Anda memahami kondisi keuangan Anda, tentukan target jumlah dana darurat. Sebagian besar perencana keuangan menyatakan dana darurat sebagai salah satu tujuan keuangan atau rencana keuangan yang harus disiapkan paling awal.

Besar dana darurat yang harus dipersiapkan berkisar 6 sampai 12 bulan nilai pengeluaran Anda.

Bagaimana Cara Membuat Dana Darurat
Bagaimana Cara Membuat Dana Darurat

Bagaimana Cara Membuat Dana Darurat

Contohnya, jika Anda memiliki pendapatan sebesar Rp 10.000.000 per bulan dan pengeluaran bulanan sebesar Rp 5.000.000. Maka dana darurat yang harus Anda persiapkan sebesar 30.000.000 hingga 60.000.000

  • Membuka Rekening Untuk Dana Darurat

Penyimpanan dana darurat sebaiknya pada tempat berbeda dengan dana lainnya. Hal ini bertujuan agar tidak terbagi dengan keperluan lain.

Sebenarnya untuk penyimpanan dana darurat tidak harus di rekening saja. Dana darurat juga bisa disimpan pada produk-produk keuangan yang mudah diambil, aman dan tidak bersifat spekulatif.

Bagaimana Cara Membuat Dana Darurat
Bagaimana Cara Membuat Dana Darurat
  • Mulai Secara Perlahan

Mulai penanganan dana darurat secara perlahan namun dilakukan rutin. Mempersiapkan dana darurat bersifat jangka panjang, bukanlah sesuatu yang bisa Anda kerjakan dengan cepat dan langsung bisa terealisasikan.

Perlakukan hal ini seperti ketika Anda menabung biasa dan mempunyai target untuk memiliki sesuatu dalam jangka waktu tertentu. Meskipun dilakukan secara perlahan, namun dilakukan secara rutin, sudah dapat dipastikan persiapan dana darurat Anda akan cepat pula terwujudkan. 

  • Tekan Pengeluaran

Kurangi pengeluaran untuk sesuatu yang sebenarnya tidak terelalu mendesak dan penting. Anda bisa mencari alternatif lain untuk produk tertentu yang lebih murah harganya namun menawarkan fungsi dan manfaat yang sama.

Semakin Anda menekan pengeluaran, semakin banyak uang yang tersisa untuk kemudian dialokasikan khusus untuk dana darurat dan investasi. 

  • Monitor Jumlah Dana Darurat

Inflasi atau kenaikan harga-harga barang dapat meningkatkan jumlah pengeluaran bulanan Anda. Nah, untuk itu dana darurat juga harus direvisi jumlahnya meskipun dari awal Anda telah menetapkan target dan melampuinya.

Apabila terjadi inflasi yang cukup besar dan dana darurat Anda berkurang, apa yang harus dilakukan? Beberapa alternatif yang dapat Anda coba salah satu adalah menambah dana darurat atau mencari produk-produk keuangan yang memiliki imbal hasil yang realistis.

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham  (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat