Apa yang dimaksud dengan makroekonomi

makroekonomi

Makroekonomi , mengapa kita harus tahu tentang hal ini jika berinvestasi saham

Dalam ilmu ekonomi, ada istilah makroekonomi. Apa itu makroekonomi? Apa hubungannya dengan investasi saham?

Makroekonomi merupakan ilmu tentang ekonomi secara keseluruhan yang menjelaskan perubahan ekonomi yang mempengaruhi banyak masyarakat, perusahaan, dan pasar.

Makroekonomi dapat digunakan untuk menganalisis pengaruh target-target kebijakan seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga, tenaga kerja dan pencapaian keseimbangan neraca yang berkesinambungan.

Hal ini penting dalam investasi saham karena dengan paham makroekonomi paling tidak secara sederhana, kita bisa paham apa yang sedang terjadi dengan kondisi ekonomi bangsa ini secara umum.

Tentunya kamu sudah tahu saat memulai investasi melalui saham, sangat penting untuk memperhatikan kegiatan perekonomian, inflasi, kebijakan pemerintah, dan hal lain yang berkaitan dengan perekonomian secara keseluruhan.

Penentuan Tingkat Kegiatan Perekonomian Negara

Disini, teori makroekonomi akan menjelaskan mengenai kestabilan suatu perekonomian dapat menghasilkan produk dan jasa. 

Analisis ini akan menghasilkan rincian pengeluaran secara menyeluruh, seperti pengeluaran dari rumah tangga, pengeluaran pemerintah, pengeluaran perusahaan atau investasi, ekspor dan impor.

Kebijakan Pemerintah

Kebijakan pemerintah mengenai perekonomian negaranya setiap waktu pastinya berubah tergantung dari masalah pengangguran dan inflasi. Pemerintah harus melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah ini melalui serangkaian kebijakan, baik itu kebijakan moneter maupun kebijakan fiskal.

Kebijakan moneter adalah kebijakan yang dilakukan pemerintah untuk mempengaruhi jumlah uang yang beredar di masyarakat atau money suplay dalam perekonomian. Click To Tweet

Sedangkan kebijakan fiskal merupakan langkah pemerintah dalam mengubah struktur dan jumlah pajak serta pengeluaran yang tujuannya untuk mempengaruhi kegiatan perekonomian.

Pengeluaran Agregat atau Menyeluruh

Saat pengeluaran menyeluruh tidak mencapai tingkat yang sesuai ekspetasi, sudah dapat dipastikan akan terjadi masalah pada perekonomian.

Oleh karenanya harus ada kesempatan kerja yang lebih baik dan mengontrol laju inflasi, maka idealnya pengeluaran agregat harus berada pada tingkat yang dibutuhkan. Jika dilihat secara teori hal ini mudah untuk diwujudkan, tapi pada kenyataannya di lapangan tujuan ini terbilang sulit untuk dilakukakan.

Hubungan Makroekonomi dan Investasi Saham

Perubahan Kurs Valuta Asing

Makroekonomi
Makroekonomi

Memburuknya nilai tukar mata uang rupiah merupakan salah satu permasalahan makroekonomi yang krusial di Indonesia. Salah satu contohnya adalah menurunnya nilai tukar mata uang yang pernah terjadi di Indonesia yang dapat dikatakan sebagai krisis mata uang terbesar yang pernah terjadi di negara ini pada tahun 1997-1998

Selain berpengaruh terhadap devisa negara, dampak buruknya paling bisa dirasakan oleh sektor swasta yang memiliki pinjaman luar negeri. Bagi perusahaan besar yang mengadakan kerjasama penjualan dengan luar negeri bisa jadi ini menjadi masalah serius.

Misalnya saja modal berasal dari luar negeri, dan jika terjadi penurunan nilai tukar rupiah maka akan berakibat pada pengembalian dana yang lebih besar.

Permasalah Perbankan dan Kredit Macet

Makroekonomi
Makroekonomi

Faktor utang luar negeri dan laju inflasi yang tinggi menyebabkan gangguan terhadap sistem perbankan di Indonesia. Perbankan seringkali mengalami kesulitan likuditas akibat banyaknya usaha yang macet karena beban utang.

Perusahaan atau investor yang mendapatkan sumber dana dari bank menjadi sasarannya.

Unit usaha mikro pun tak luput dari imbasnya karena kesulitan menambah modal akibat perbankan yang mengalami kredit macet, sehingga sulit untuk mengembangkan bisnisnya.

Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi juga menjadi indikator penting untuk mengetahui apa yang sedang terjadi dengan perekonomian suatu negara. Pembahasan pertumbuhan ekonomi akan dibahas di artikel selanjutnya.

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham  (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat