ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Kebijakan Fiskal

Kebijakan fiskal adalah kebijakan ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengelola dan mengarahkan kondisi perekonomian ke arah yang lebih baik dengan cara mengubah atau memperbarui penerimaan dan pengeluaran pemerintah.

Salah satu hal yang ditonjolkan dari kebijakan fiskal adalah pengendalian pengeluaran dan penerimaan pemerintah atau negara yang biasanya dilakukan dalam bentuk pajak. Biasanya di Indonesia kebijakan seperti ini dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan

Tujuan dari kebijakan ini diantaranya :

  1. Mencapai kestabilan perekonomian nasional.
  2. Memacu pertumbuhan ekonomi.
  3. Mendorong laju investasi.
  4. Membuka lapangan pekerjaan.
  5. Mewujudkan keadilan sosial bagi masyarakat.
  6. Sebagai wujud pemerataan dan pendistribusian pendapatan.
  7. Mengurangi pengangguran.
  8. Menjaga stabilitas harga barang dan jasa agar terhindar dari inflasi.

Kebijakan fiskal dibagi menjadi dua berdasarkan teori dan jumlah penerimaan dan pengeluaran sebagai berikut yaitu :

  • Dari Segi Teori Terdiri dari :

Kebijakan Fungsional, Kebijakan yang Disengaja dan Kebijakan Tak Disengaja

Dari Jumlah Penerimaan & Pengeluaran terdiri dari

  • Kebijakan Seimbang merupakan kebijakan yang membuat antara penerimaan dan pengeluaran menjadi sama jumlahnya.
  • Kebijakan Surplus merupakan  kebijakan yang mana jumlah pendapatan harus sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah pengeluaran.
  • Kebijakan Defisit yaitu kebijakan yang berlawanan dengan kebijakan surplus. Kebijakan defisit ini yang saat ini digunakan oleh Pemerintah Republik Indonesia dalam menyusun anggaran pendapatan dan belanja negara. 
  • Kebijakan Dinamis yaitu suatu kebijakan yang mirip dengan kebijakan fiskal seimbang namun dengan ditambah improvisasi yaitu sama besar jumlahnya tetapi seiringnya waktu kedua-duanya akan bertambah besarnya. Lalu hubungannya dengan pasar modal seperti apa?. Jadi seperti yang sudah disebutkan bahwa kebijakan fiskal memang lebih banyak terkait dengan pajak.

Jika pajak berkurang atau bertambah tentunya akan mempengaruhi pendapatan atau penerimaan yang diperoleh oleh warga negara atau perusahaan.

Pajak
Pajak

Misal jika terjadi pengurangan pajak untuk badan atau usaha sebesar 10%, maka otomatis akan ada lebih banyak laba bersih yang dihasilkan oleh suatu perusahaan atau badan usaha yang ujung-ujungnya akan menambah valuasi suatu perusahaan itu sendiri.

Kebijakan pengurangan pajak badan pernah direncanakan akan dilakukan namun sepertinya tidak dalam waktu dekat ini. Jika kita melihat angka perbandingan pengenaan pajak penghasilan untuk badan usaha diantara negara-negara di ASEAN maka Indonesia tergolong memiliki pajak penghasilan badan yang tinggi. 

Data Pajak Penghasilan di ASEAN
Data Pajak Penghasilan di ASEAN Sumber CNN Indonesia 

Memang ada dua sisi jika menurunkan pajak maka otomatis penerimaan negara akan berkurang namun disi lain akan menguntungkan perusahaan. Ada juga rencana terkait pajak yang diterima oleh investor saham dalam bentuk dividen yang biasanya dipotong sebesar 10% akan diturunkan, namun lagi-lagi hal ini belum ada kelanjutannya apakah jadi diaplikasikan atau masih wacana saja. 

Penentuan suatu kebijakan fiskal memang benar-benar akan melihat apa dampak positif dan negatifnya secara keseluruhan. Hal yang pasti adalah menjadi seorang investor saham tidak bisa hanya melihat satu sisi kebijakan saja, memahami paling tidak apa yang sedang terjadi saat ini dengan perekonomian akan membantu dan memudahkan kita dalam mengambil keputusan.

Jangan lupa untuk berlangganan Youtube Channel Pintar Saham, memfollow Instagram Pintar Saham dan menyukai Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia untuk mendapatkan perkembangan informasi saham yang terupdate.

Khusus di Maret nanti akan ada e-book analisa kuartal 4 2019 yang akan kami berikan gratis kepada priority member pintar saham. Silakan hubungi admin Pintar Saham untuk tahu cara bergabung. 

Leave a Reply