ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Apa Itu Private Placement dan Bagaimana Pengaruhnya Ke Saham

Apa Itu Private Placement dan Bagaimana Pengaruhnya Ke Saham?

setelah ramai Pak Lo Kheng Hong memborong saham emiten BMTR dengan skema private placement ini.

Baru-baru ini dunia persahaman kembali dihebohkan oleh sosok investor legendaris Bapak LKH karena beliau membeli 942 juta saham BMTR.

Praktis dengan munculnya berita ini menjadi katalis positif terhadap pergerakan harganya dan berselang beberapa saat saham BMTR meroket naik 25% hingga terkena auto rejection atas (ARA).

Private placement secara sederhananya merupakan kegiatan penambahan modal yang dilakukkan oleh perusahaan dengan cara menawarkan saham kepada investor tertentu, jadi tidak ditawarkan kepada publik seperti pada skema penawaran umum.

Di kalimat sebelumnya ada frase investor tertentu, maksudnya adalah hanya investor seperti teman/keluarga, investor berpengalaman, dan investor institusi saja yang diperbolehkan untuk ikut berpartisipasi dalam private placement ini.

Lantas bagaimana efeknya terhadap harga saham?

1. Terjadi dilusi karena private placement dilakukan dengan cara menerbitkan saham baru, maka akan terjadi yang namanya dilusi (pengurangan nilai kepemilikan karena penerbitan saham baru)

2. Efek yang kedua terjadi kenaikan harga saham karena pasar bereaksi kalau dana hasil PP digunakan untuk modal proyek maka prospek bisnis ke depan (menghasilkan keuntungan) makin besar sehingga mendorong kenaikan harga sahamnya tapi ini tentunya akan tergantung ke siapa yang membeli saham tersebut.

Kenaikan kemarin murni sepertinya diakibatkan oleh efek LKH.  Siapa sih Lo Kheng Hong? Yuk baca artikel berikut : Biografi Lo Kheng Hong 

Selain aksi korporasi berupa private placement ini, terdapat juga aksi korporasi lain seperti stocksplit dan reverse stock split yang mempengaruhi harga saham.

Baca di sini tentang Pengaruh tentang Stock Split dan Reverse Stock Split terhadap Harga Saham

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham  (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi

Leave a Reply