Analisa Saham UNVR

Analisa Saham UNVR

Analisa Saham UNVR (PT Unilever Indonesia Tbk)

Analisa saham UNVR (PT Unilever Indonesia Tbk) menggunakan analisa fundamental dengan melihat laporan keuangan posisi akhir tahun 2018. Unilever Indonesia dengan berbagai macam jenis produk yang dimiliki dan sudah memiliki brand yang kuat di Indonesia.

 

Profil Perusahaan PT Unilever Indonesia Tbk

 

 

Logo Unilever

 

PT Unilever Indonesia Tbk didirikan sejak tanggal 5 Desember 1933. Perusahaan ini melakukan penawaran umum pada Bursa Efek Indonesia dengan kode emiten UNVR di tanggal 11 Januari 1982.

UNVR memiliki kantor pusat yang beralamat di Jl. BSD Boulevard Barat Green Office Park Kavling 3, BSD City, Tangerang. Website resmi perusahaan ini dapat dicek pada unilever.co.id.

 

Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan Unilever Indonesia melingkupi bidang produksi, pemasaran dan distribusi barang-barang konsumsi yang meliputi sabun, deterjen, margarin, makanan berinti susu, es krim, produk–produk kosmetik, minuman dengan bahan pokok teh dan minuman sari buah.

 

Kepemilikan Saham UNVR per 31 Mei 2019:

 

Jumlah Investor Saham UNVR
Jumlah Investor Saham UNVR

Dari jumlah lembar saham yang ada, 14% lembar saham Unilever Indonesia bisa dimiliki oleh publik.

 

Proporsi Pemilik Saham Publik Unilever Indonesia
Proporsi Pemilik Saham Publik Unilever Indonesia

 

Pemegang saham publik dari saham Unilever Indonesia (UNVR) sebagian besar adalah investor asing dengan persentase sebesar 58%. Investor yang termasuk ke dalam investor domestik sebesar 42%.

 

Jenis Investor Asing Pemegang Saham Unilever Indonesia
Jenis Investor Asing Pemegang Saham Unilever Indonesia

 

Untuk kategori jenis investor asing sebagian besar investornya masuk dalam kategori reksa dana (mutual fund) dengan persentase 27%, lalu dibawahnya pemegang saham yang presentasenya hampir sama ada dari kategori others dengan kepemilikan sebesar 26%.

 

 

Sedangkan untuk pemegang saham UNVR yang tergolong ke dalam investor domestik pemegang saham terbesar adalah dari kategori investor perusahaan asuransi sebesar 43%.

 

Analisa Saham UNVR

Dalam analisa kali ini hanya menggunakan PER saja sebagai acuan, ada banyak cara untuk menilai valuasi suatu saham. Baca artikel berikut : 4 Rasio Saham yang digunakan untuk Menilai Harga Suatu Saham 

 

 

Rata – rata PER Saham UNVR dalam 10 tahun terakhir adalah 39,13.

 

PER tertinggi pada tahun 2017, yakni 60,89.

 

Dari sisi pertumbuhan laba, UNVR dalam rentang tahun 2009 hingga tahun 2018 berhasil tumbuh secara rata-rata tahunan sebesar 14,55%.

 

Proyeksi harga saham apabila dengan PER mengikuti rata-rata serta pertumbuhan EPS mencapai 14,53% per tahunnya adalah sebagai berikut :

 

Proyeksi
Proyeksi
Proyeksi Harga Saham UNVR
Proyeksi Harga Saham UNVR

Laporan Keuangan Saham UNVR

Dilihat dari laporan laba rugi UNVR

 

Pertumbuhan laba Unilever Indonesia dalam rentang tahun 2009 hingga 2018 terbilang cukup stabil. Tahun 2018 lalu merupakan tahun dimana perusahaan mengalami kenaikan laba paling besar, yakni 30,05%.

 

Sedangkan untuk pertumbuhan laba paling kecil ada pada tahun 2015 yang hanya mencapai 1,97%.

 

Dilihat dari rasio PER secara rata-rata dalam rentang tahun 2008 hingga tahun 2018 maka diperoleh angka 39,13. Tujuan merata-ratakan ini adalah untuk mengetahui berapa kisaran PER yang wajar untuk saham UNVR dalam 10 tahun terakhir.

 

Nilai PER Saham UNVR
Nilai PER Saham UNVR

Pertumbuhan EPS dari tahun ke tahun secara rata-rata adalah sebesar 14,53%.

Pertumbuhan EPS Saham UNVR
Pertumbuhan EPS Saham UNVR

Kesimpulan Analisa Saham UNVR

PT Unilever Indonesia Tbk merupakan perusahaan berfokus pada produksi makanan, minuman, pembersih, dan juga perawatan tubuh.

 

Perusahaan ini tergolong perusahaan yang kuat, salah satunya dapat dilihat dari pertumbuhan laba bersih tahun berjalan yang tidak pernah negatif. Bahkan presentase diatas 10% pernah dialami Unilever Indonesia dalam periode tahun, 2009, 2010, 2011, 2012, 2013, dan 2018.

 

Pada tahun 2018 lalu, terjadi peningkatan laba bersih yang awalnya sebesar 7.004.562.000 di tahun 2017 naik 30,05% menjadi 9.109.445.000. Kenaikan ini merupakan yang terbesar sejak tahun 2009. Tapi apakah saham ini layak untuk dikoleksi???. 

 

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

 

Disclaimer :

Penyebutan nama saham  (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *