6 Alasan Mengapa Perencanaan Keuangan Pribadi itu Penting

Apa itu perencanaan keuangan

Perencanaan keuangan pribadi maupun keluarga merupakan suatu hal yang penting, namun sayangnya tidak semua orang memperhatikan hal tersebut. Contohnya pernahkah kita menyadari ketika gaji sebulan kok tiba-tiba sudah habis saja?? Atau pas ada keperluan mendadak malah ga ada uang dan harus nunggu gajian dulu??.

Di artikel ini kita akan membahas pentingnya perencanaan keuangan pribadi dan keluarga.  Ada 6 alasan mengapa perencanaan keuangan pribadi tersebut penting :

Mencapai Tujuan Keuangan
Mencapai Tujuan Keuangan
  • Pentingnya Perencanaan Keuangan Dalam Mencapai Tujuan Keuangan

Apa yang dimaksud dengan tujuan keuangan?. Jadi tujuan keuangan merupakan hal-hal yang ingin kita capai dengan asset yang kita miliki saat ini. Posisi aset saat ini tersebut apakah bisa ditambah atau selama ini belum efisien?.

Adanya perencanaan keuangan maka diharapkan tujuan keuangan itu bisa dicapai lebih mudah dan efisien.

 

Menghadapi Krisis Ekonomi
Menghadapi Krisis Ekonomi
  • Pentingnya Perencanaan Keuangan Dalam Menghadapi Krisis atau Situasi yang tidak terduga

“Anda jangan hanya bekerja dan bekerja saja, tanpa mengetahui pendapatan anda digunakan untuk apa saja.” Click To Tweet

Kebutuhan itu wajar untuk dipenuhi, tetapi alangkah baiknya jika anda membuat perencanaan keuangan sehingga anda bisa lebih mudah dalam mengatur pendapatan dan pengeluaran anda. Jika sejak awal sudah mengelola keuangan dengan baik, maka ketika ada situasi krisis atau hal-hal yang tidak terduga kita bisa lebih “tahan banting” .

Apabila belum paham dengan baik bagaimana cara melakukan perencanaan keuangan maka kita bisa merekrut seseorang yang memang ahli bidang tersebut. Seorang yang ahli dengan sertifikasi CFP salah satunya.

 

Menjaga Kesehatan Keuangan Keluarga
Menjaga Kesehatan Keuangan Keluarga
  • Pentingnya Perencanaan Keuangan Terhadap Risiko Keuangan Keluarga

Apakah menurut anda keuangan keluarga itu sangat penting? Jika di dalam sebuah keluarga yang menjadi tulang punggung keluarga meninggal atau kehilangan pekerjaan atau yang lainnya yang tidak bisa kita duga, bagaimana anda mengatasi hal tersebut?

Risiko selalu ada oleh karena itu dengan adanya perencanaan keuangan kita bisa memitigasi atau mencegah risiko tersebut menjadi besar. Risiko kehilangan sumber nafkah utama misalnya dalam suatu keluarga dapat diatasi dengan melakukan proteksi atau perlindungan dari sisi keuangan.

 

Keperluan Pendidikan Anak
Keperluan Pendidikan Anak
  • Pentingnya Perencanaan Keuangan Untuk Pendidikan Anak

Keperluan anak sangatlah banyak, mulai dari dia lahir hingga dewasa. Apalagi keperluan pendidikan anak begitu penting dan terbilang mahal. Apakah anda pernah berpikir berapa dana yang diperlukan anak anda untuk menempuh pendidikan sampai sarjana?. Kenaikan biaya pendidikan tiap tahunnya bisa mencapai hingga minimal 10% tiap tahunnya.  

“Perlu pengelolaan keuangan sejak awal agar bisa mempersiapkan dana untuk kebutuhan anak dan pendidikannya.” Click To Tweet

Adanya perencanaan keuangan akan membuat kita lebih paham seberapa besar dana yang diperlukan untuk menyekolahkan anak hingga sarjana misalnya. Hal apa yang harus dilakukan untuk memenuhi keperluan dana tersebut juga dirinci sehingga apa yang diinginkan dapat terwujud.

 

Persiapan Hari Tua
Persiapan Hari Tua
  • Pentingnya Perencanaan Keuangan Dalam Menyiapkan Dana Hari Tua

Pernah mendengar generasi sandwich? Dimana seseorang harus menanggung keperluan orang tuanya dan juga anaknya. Jadi seperti ada ditengah-tengah karena membiayai kehidupan orang tua yang sudah pensiun serta membiayai anak-anak yang masih dalam tahap mau sekolah.

Banyaknya generasi sandwich saat ini karena kurangnya pemahaman generasi sebelumnya tentang dana hari tua serta lebih tingginya kenaikan biaya hidup dibandingkan tabungan yang mereka miliki.

Setiap orang pasti ingin disaat mereka tua, mereka tidak lagi banting tulang untuk bekerja. Mereka hanya menikmati pendapatan pasif. Seorang perencana keuangan akan mengelola dana keuangannya dengan berpedoman terhadap tujuan keuangan yang ingin dicapai sehingga dana hari tua yang disiapkan memenuhi kebutuhan

 

Warisan
Warisan
  • Pentingnya Perencanaan Keuangan Untuk Warisan Generasi Selanjutnya

Dalam menyiapkan warisan untuk generasi selanjutnya perlu adanya perencanaan keuangan, karena banyaknya permasalahan yang mungkin terjadi dalam hal pembagian waris. Hal-hal seperti bagaimana perlakukan pajak terhadap waris, syarat-syarat yang harus dipenuhi agar waris tersebut sah dan sebagainya.

Seorang perencana keuangan juga dibekali kemampuan dalam menyiapkan hal ini  sehingga pembagian waris dapat berjalan lancar dan sah tentu saja. 

Kesimpulan

Perencanaan keuangan merupakan salah satu hal penting yang bisa dilakukan untuk meraih kebebasan finansial. Adanya perencanaan keuangan akan membuat hidup kita menjadi lebih mudah karena mengetahui apa yang harus dilakukan dan apa yang harus disiapkan dalam hal keuangan.

6 manfaat perencanaan keuangan ini akan maksimal jika kita merekrut seorang perencanaan keuangan yang tersertifikasi. Adanya seorang perencana keuangan akan membantu kita lebih dalam tentang apa yang harus dilakukan, apa yang tergolong baik buat keuangan kita apa yang tidak. Setiap orang unik sehingga tiap orang memiliki perlakukan yang berbeda dalam hal perencanaan keuangannya.

Jika anda menyukai artikel ini silakan berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham, Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia atau Instagram Pintar Saham di @pintarsaham.id . Dapatkan informasi terupdate tentang edukasi saham dan investasi.

Happy Investing dan selamat merencanakan keuangan anda 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *