Skydrugz Corner: Metode Tambang Emas

Profil Perusahaan Aneka Tambang

Skydrugz Corner: Metode Tambang Emas

Di postingan sebelumnya sudah dibahas mengenai beberapa topik seperti:

Pada postingan kali ini saya akan bahas beberapa metode untuk tambang emas.

Ada beberapa metode untuk menambang emas, dan metode terbaik untuk operasi penambangan tertentu akan bergantung pada lokasi dan sumber daya tertentu yang tersedia. Beberapa metode umum meliputi:

  • Penambangan terbuka (open pit): Metode ini melibatkan pemindahan sejumlah besar overburden (batuan, tanah, dll.) untuk mengakses bijih yang mengandung emas. Metode ini biasanya digunakan untuk operasi pertambangan skala besar.
  • Penambangan bawah tanah (underground): Metode ini melibatkan penggalian terowongan dan poros jauh ke dalam bumi untuk mengakses bijih yang mengandung emas. Metode ini biasanya digunakan untuk operasi penambangan skala kecil.
  • Penambangan placer (Placer Mining): Metode ini melibatkan penggunaan air untuk memisahkan emas dari bahan lain. Cara ini biasanya digunakan di daerah yang banyak terdapat tanah gembur atau kerikil yang mengandung emas.
  • Pencucian sianida (Cyanide leaching): Metode ini melibatkan penggunaan larutan sianida untuk melarutkan emas dari bijih. Metode ini biasanya digunakan untuk mengekstraksi emas dari bijih berkadar rendah atau untuk mengolah bijih yang sulit dipisahkan menggunakan metode lain.
  • Pencucian timbunan (heap leaching): Metode ini melibatkan penumpukan bijih pada alas berlapis dan kemudian menerapkan larutan sianida untuk melarutkan emas dari bijih. Metode ini biasanya digunakan untuk mengekstraksi emas dari bijih berkadar rendah atau untuk mengolah bijih yang sulit dipisahkan menggunakan metode lain.
Open Pit Mining

Ada banyak perusahaan di seluruh dunia yang menggunakan penambangan terbuka untuk mengekstraksi emas. Beberapa contoh termasuk:

  • Barrick Gold: Barrick Gold adalah salah satu perusahaan tambang emas terbesar di dunia, dan menggunakan tambang terbuka untuk mengekstraksi emas dari beberapa tambang di Amerika Utara dan Selatan, Afrika, dan Australia. Pada 2020, perusahaan memproduksi 4,5 juta ons emas.
  • Perusahaan Newmont: Newmont adalah perusahaan tambang emas besar lainnya, dan menggunakan tambang terbuka untuk mengekstraksi emas dari tambang di Amerika Utara dan Selatan, Australia, dan Afrika. Pada 2020, perusahaan memproduksi 6,3 juta ons emas.
  • AngloGold Ashanti: AngloGold Ashanti adalah perusahaan tambang emas Afrika Selatan, dan menggunakan penambangan terbuka untuk mengekstraksi emas dari tambang di Afrika Selatan, Ghana, dan negara lain di Afrika. Pada 2020, perusahaan memproduksi 3,5 juta ons emas.
  • Goldcorp: Goldcorp adalah perusahaan tambang emas Kanada, dan menggunakan tambang terbuka untuk mengekstraksi emas dari tambang di Kanada, AS, dan Meksiko. Pada tahun 2018, perusahaan tersebut diakuisisi oleh Newmont Goldcorp, sehingga angka produksinya tidak terpisah sekarang.
Underground Mining

Ada banyak perusahaan di seluruh dunia yang menggunakan penambangan bawah tanah untuk mengekstraksi emas. Beberapa contoh termasuk:

  • Gold Fields (GF): Gold Fields (GF) adalah perusahaan tambang emas Afrika Selatan, dan menggunakan penambangan bawah tanah untuk mengekstraksi emas dari tambang di Afrika Selatan, Ghana, dan negara lain di Afrika. Pada 2020, perusahaan memproduksi 2,2 juta ons emas.
  • Pertambangan Newcrest: Pertambangan Newcrest adalah perusahaan pertambangan emas Australia, dan menggunakan pertambangan bawah tanah untuk mengekstraksi emas dari tambang di Australia dan Indonesia. Pada 2020, perusahaan memproduksi 2,2 juta ons emas.
  • AngloGold Ashanti: AngloGold Ashanti juga menggunakan penambangan bawah tanah untuk mengekstraksi emas dari tambang di Afrika Selatan, dan negara lain di Afrika. Pada 2020, perusahaan memproduksi 3,5 juta ons emas.
  • Kirkland Lake Gold: Kirkland Lake Gold adalah perusahaan tambang emas Kanada, dan menggunakan tambang bawah tanah untuk mengekstraksi emas dari tambang di Kanada dan Australia. Pada 2020, perusahaan memproduksi 1,3 juta ons emas.
  • Evolution Mining: Evolution Mining adalah perusahaan tambang emas Australia, dan menggunakan penambangan bawah tanah untuk mengekstraksi emas dari tambang di Australia. Pada 2020, perusahaan memproduksi 696.124 ons emas.
Placer Mining

Penambangan placer adalah metode untuk mengekstraksi emas dari tanah gembur atau kerikil, bukan dari batuan keras. Ini biasanya digunakan di daerah yang banyak tanah gembur atau kerikil yang mengandung emas. Tidak banyak perusahaan yang secara khusus menggunakan penambangan placer sebagai metode utama untuk mengekstraksi emas, namun beberapa contohnya antara lain:

  • Kinross Gold: Kinross Gold menggunakan penambangan placer sebagai salah satu metode untuk mengekstraksi emas dari tambang di Rusia. Pada 2020, perusahaan memproduksi 2,5 juta ons emas.
  • Fairbanks Gold Mining Inc: Fairbanks Gold Mining Inc adalah perusahaan tambang emas yang berbasis di Fairbanks, Alaska, yang menggunakan penambangan placer untuk mengekstraksi emas dari tambangnya. Perusahaan ini adalah bagian dari Kinross Gold Corporation, dan mengoperasikan Tambang Fort Knox, yang merupakan salah satu tambang emas terbesar di Alaska.
  • Placer Dome: Placer Dome adalah perusahaan tambang Kanada yang pernah menjadi pemain besar dalam penambangan placer. Perusahaan tersebut diakuisisi oleh Barrick Gold pada tahun 2006, sehingga tidak lagi berdiri sebagai perusahaan yang terpisah.
Cyanide Leaching

Pencucian sianida adalah metode ekstraksi emas dari bijih dengan melarutkan emas menggunakan larutan sianida. Metode ini biasanya digunakan untuk mengekstraksi emas dari bijih berkadar rendah atau untuk mengolah bijih yang sulit dipisahkan menggunakan metode lain. Ada beberapa perusahaan di seluruh dunia yang menggunakan pencucian sianida untuk mengekstraksi emas. Beberapa contoh termasuk:

  • Barrick Gold: Barrick Gold menggunakan pencucian sianida untuk mengekstraksi emas dari beberapa tambang di Amerika Utara dan Selatan, Afrika, dan Australia. Pada 2020, perusahaan memproduksi 4,5 juta ons emas.
  • Perusahaan Newmont: Perusahaan Newmont menggunakan pencucian sianida untuk mengekstraksi emas dari tambang di Amerika Utara dan Selatan, Australia, dan Afrika. Pada 2020, perusahaan memproduksi 6,3 juta ons emas.
  • Kinross Gold: Kinross Gold menggunakan pencucian sianida untuk mengekstraksi emas dari tambang di Rusia, Brasil, Chili, dan Ghana. Pada 2020, perusahaan memproduksi 2,5 juta ons emas.
  • Goldcorp: Goldcorp menggunakan pencucian sianida untuk mengekstraksi emas dari tambang di Kanada, AS, dan Meksiko. Pada tahun 2018, perusahaan tersebut diakuisisi oleh Newmont Goldcorp, sehingga angka produksinya tidak terpisah sekarang.
  • AngloGold Ashanti: AngloGold Ashanti menggunakan pencucian sianida untuk mengekstraksi emas dari tambang di Afrika Selatan, Ghana, dan negara lain di Afrika. Pada 2020, perusahaan memproduksi 3,5 juta ons emas.
Teknik Kombinasi

Freeport-McMoRan adalah perusahaan tambang yang menggunakan heap leaching untuk mengekstraksi emas di Indonesia. Freeport mengoperasikan tambang Grasberg di provinsi Papua, Indonesia, yang merupakan salah satu tambang tembaga dan emas terbesar di dunia dalam hal cadangan. Tambang Grasberg menggunakan kombinasi metode penambangan bawah tanah dan penambangan terbuka, dan juga menggunakan heap leaching untuk mengekstraksi emas.

Perusahaan di Indonesia rata-rata menggunakan beberapa metode kombinasi untuk melakukan ekstraksi emas seperti Amman Mineral milik MEDC dan Batu Tujuh milik MDKA.

 

Disclaimer: http://bit.ly/3bLj4Oc
http://bit.ly/3MhGBr6
https://bit.ly/3LsxlQJ
https://bit.ly/3CJthZl

I am Not a Professional Financial Analyst and Advisor. Instrumen saham dan kripto adalah investasi yang beresiko tinggi. Resiko duit hilang 100% tetap ada. So be wise. Keputusan Jual dan Beli ada di Tangan Masing-masing. Disclaimer On.

Bila ingin mendaftar menjadi member Pintarsaham.id bisa hubungi Admin Pintarsaham.id via WA +62 831-1918-1386

Untuk mengetahui Data Kepemilikan Saham di bawah 5% maka bisa daftar gratis di link ini 

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi

Share this post :
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *