Apa Itu Financial Planner dan Tugasnya

Apa Itu Financial Planner dan Tugasnya

Apakah itu Financial Planner?

Financial planner adalah seseorang yang bertugas untuk membantu kliennya dalam memberikan advice bagaimana cara mengelola uang mereka dan mencapai tujuan keuangan yang diinginkan.

Seorang financial planner diwajibkan untuk memiliki pengetahuan yang luas tentang keuangan pribadi, pajak, perencanaan anggaran, dan investasi.

Financial planner akan memberikan saran dan bantuan kepada klien tentang berbagai masalah yang mungkin saja akan mereka hadapi kedepannya, seperti berinvestasi, bagaimana menyiapkan dana untuk pensiun, mengatur keuangan untuk bisnis, manajemen risiko dan hal-hal lain terkait keuangan pribadi.

Peran Financial Planner

Certified Financial Planner Board of Standards (CFP Board) mendefinisikan perencanaan keuangan sebagai proses kolaboratif yang membantu memaksimalkan potensi klien untuk mencapai tujuan hidup melalui saran keuangan yang mengintegrasikan elemen yang relevan dari situasi keuangan dan pribadi klien.

Baca Juga: 5 Instrumen Investasi yang Cocok Untuk Anak Muda

Gelar CFP

CFP merupakan sebuah gelar yang dikeluarkan oleh CFP Board, yaitu organisasi sertifikasi dan pengatur standar yang mengelola ujian CFP. CFP ini merupakan singkatan dari Certified Financial Planner yang merupakan sertifikasi formal yang menunjukkan keahlian dalam bidang perencanaan keuangan, pajak, asuransi, perencanaan warisan, dan pensiun.

Gelar ini diberikan kepada individu yang berhasil menyelesaikan ujian awal CFP® Board, kemudian terlibat dalam program pendidikan tahunan yang terus-menerus untuk menjaga keahlian dan sertifikasi mereka.

Tugas dari seorang CFP tidak hanya mengatur rencana investasi dari para kliennya saja, mereka juga bisa membantu klien dengan perencanaan keuangan, perencanaan tabungan pensiun, tabungan pendidikan, asuransi dan juga strategi optimisasi pajak.

Itulah dia penjelasan mengenai financial planner dan tugasnya, jadi sekarang kamu sudah tidak kebingungan lagi bukan?

 

Source: investopedia

Share this post :
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *