Strategi Untuk Menghadapi Market yang Sedang Bearish

Strategi Untuk Menghadapi Market yang Sedang Bearish

Beberapa diantara kalian mungkin masih ada yang belum mengetahui apa itu istilah bearish dalam saham. Istilah pasar bearish adalah penurunan yang cukup signifikan dari suatu harga aset setidaknya turun 20% dari harga tertinggi terbarunya.

Biasanya pasar yang sedang bearish ini akan menimbulkan kepanikan dan juga sentimen negatif sehingga diperlukan strategi yang tepat untuk menghadapinya. Melalui artikel ini kami akan menjelaskan bagaimana strategi untuk menghadapi pasar yang sedang bearish.

Jangan Panik

Sebagai Investor yang bijak, kamu harus selalu memisahkan emosi dari proses pengambilan keputusan investasi. Jangan sampai rasa panikmu membutakan kamu terhadap penilaian rasional.

Berita-berita atau sentimen negatif yang ada di dunia pada saat ini mungkin saja hanya bertahan selama beberapa hari lalu terlupakan. Jadi atur emosimu dan jangan panik.

Dollar Cost Average

Dollar Cost Average merupakan strategi yang sangat cocok sekali untuk diterapkan apabila keadaan pasar sedang bearish.

DCA sendiri memiliki arti bahwa kamu harus terus konsisten melakukan investasi dengan nominal yang sama, tanpa memperdulikan harga dari saham tersebut baik itu sedang naik ataupun turun.

Baca Juga: Apa itu Dollar Cost Averaging (DCA) Beserta Manfaat dan Contohnya

Strategi ini sangat cocok untuk jangka panjang, sehingga apabila kamu tetap melakukan DCA ketika pasar sedang bearish maka secara otomatis harga rata-rata dari total pembelian yang kamu lakukan akan menurun.

Diversifikasi

Seperti kata pepatah, jangan taruh telur dalam satu keranjang. Persentase portofolio kamu harus tersebar baik itu saham, obligasi, tunai dan aset lainnya. Diversifikasi ini bermanfaat untuk mengatur risk tolerance yang sesuai dengan diri kamu.

Fokus Pada Nilai Positif

Ketika keaadan pasar bearish, kamu jangan hanya memikirkan nilai negatifnya saja. Tapi jika kamu pikirkan lagi, sebenarnya keadaan market yang sedang bearish ini ada nilai positifnya juga loh karena ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk membeli.

Warren Buffet pun melihat bearish market sebagai kesempatan untuk membeli karena valuasi perusahaan yang baik juga ikut terbanting dan harganya ikut menurun. Sehingga merupakan waktu yang sangat tepat untuk menambah muatan.

Demikian beberapa strategi untuk menghadapi market yang sedang bearish yang bisa kamu terapkan.

Sumber: investopedia

Share this post :
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *