Apa itu Initial Public Offering (IPO)

Apa itu Initial Public Offering (IPO)

Pernah mendengar istilah Initial Public Offering atau yang lebih sering dikenal dengan singkatan IPO?  Tak perlu risau karena melalui artikel ini, kamu akan belajar mengenai apa itu Initial Public Offering (IPO) dalam dunia saham.

Apa itu Initial Public Offering (IPO)

Initial Public Offering (IPO) jika dalam bahasa indonesia artinya adalah penawaran saham perdana.

IPO merupakan sebuah proses menawarkan saham dari perusahaan kepada masyarakat dalam bentuk penerbitan saham baru untuk pertama kalinya.

Dengan dilakukannya Initial Public Offering (IPO) ini dapat memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan modal dari investor publik. Perusahaan yang melaksanakan Initial Public Offering statusnya berubah menjadi perusahaan publik karena investor publik pun dapat berpartisipasi dalam penawaran.

Baca Juga: Apa itu Dollar Cost Averaging (DCA) Beserta Manfaat dan Contohnya

IPO adalah langkah besar bagi sebuah perusahaan karena memberikan peluang bagi perusahaan mengumpulkan uang modal yang lebih besar. Sehingga perusahaan juga memiliki peluang yang lebih besar untuk bertumbuh dan berkembang.

Harga IPO dari suatu perusahaan ditentukan melalui proses yang bernama due diligence underwriting. Perlu untuk diingat bahwa setelah perusahaan melakukan Initial Public Offering (IPO) maka kepemilikan harga saham pribadi nilainya akan menjadi sama dengan harga perdagangan publik.

Demikian penjelasan tentang apa itu Initial Public Offering atau IPO dalam saham. Jadi sekarang kamu tidak perlu bingung lagi

Sumber: investopedia

Share this post :
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *