Tips Mudah Memeriksa Kesehatan Finansial Kamu

Tips Mudah Memeriksa Kesehatan Finansial

Banyak sekali ahli keuangan yang menyarankan agar orang-orang membuat jadwal untuk melakukan pemeriksaan keuangan pribadi atau kondisi finansial secara berkala.

Namun, pasti beberapa diantara kalian masih ada yang kebingungan mengenai apa saja yang perlu dilakukan dalam memerika kesehatan finansial.

Untuk memastikan kamu tidak melakukan kesalahan yang dapat memperburuk kondisi keuangan kamu, berikut ini adalah tips mudah memeriksa kesehatan finansial yang bisa kamu lakukan:

Apa Saja yang Berubah dalam Kehidupan Kamu

Agar lebih mudah, cobalah untuk melihat perubahan-perubahan besar apa yang terjadi dalam kehidupan kamu. Misalnya ni pergantian tempat kerja, menikah, memiliki anak, membeli rumah, pindah, atau pensiun?

Baca Juga: 5 Instrumen Investasi yang Cocok Untuk Anak Muda

Mengapa kamu perlu untuk mengecek kembali semua perubahan besar di kehidupanmu?

Karena itu dapat mengubah gambaran keuangan secara keseluruhan. Kalau menikah misalnya kamu bakal punya tanggung jawab yang lebih juga secara keuangan jadi tidak bisa lagi seenaknya ngatur keuangan.

Atur Ulang Tujuan Keuangan

Coba pikirkan dan atur ulang tujuan keuangan kamu, apakah itu untuk tabungan pensiun, menabung untuk dana darurat atau tabungan untuk membeli rumah.

Evaluasi kemajuan kamu dalam mencapai tujuan keuanganmu dan sesuaikan seperlunya. Setelah tercapai, segera hapus dari daftar dan ganti dengan tujuan yang baru.

Buat Gambaran Anggaran

Kamu harus membuat anggaran. Tujuannya untuk memastikan kamu memiliki pendapatan yang cukup untuk menutupi semua pengeluaran yang biasa kamu keluarkan

Sisihkan sebagian untuk tujuan keuangan jangka panjang kamu. Idealnya sisihkan terlebih dahulu baru dihabiskan.

Jangan Lupakan Pajak

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, tentunya kamu harus taat bayar pajak. Jadi anggarkan juga dan atur keuanganmu untuk membayar pajak. Jangan sampai kamu terlalu fokus dengan tujuan utamamu hingga melupakan pajak yang menjadi kewajiban kamu.

Itulah dia 4 tips mudah untuk memeriksa kesehatan finansial kamu. Cek kesehatan finansial ini sangat penting sekali untuk memantau kondisi keuangan kamu saat ini dan mengetahui apa yang harus diubah agar bisa mencapai tujuan kamu.

Jika kondisi keuangan kamu tidak terlalu rumit, kamu bisa menerapkan tips diatas sendiri namun jika terlalu rumit akan lebih baik apabila kamu berkonsultasi dengan ahli finansial untuk membantu kamu dalam mengatur keuangan.

Sumber: investopedia

Share this post :
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *