Kesalahan Investasi yang Dihindari Oleh Ultra High Net Worth Individual

Kesalahan Investasi yang Dihindari Oleh Ultra High Net Worth Individuals

Setelah membaca judul diatas, mungkin sebagian dari kamu ada yang bertanya-tanya mengenai apa itu Ultra High Net Worth Individuals (UHNWIs)?

Ultra High Net Worth Individuals adalah sekelompok orang yang memiliki total net worth sekitar 30 Juta USD atau mudahnya adalah orang yang sangat kaya.

Wujud dari aset kekayaannya juga bermacam-macam seperti saham di perusahaan swasta dan publik, properti, dan investasi pribadi lainnya seperti kendaraan, perhiasan

Warren Buffett pernah berkata bahwa aturan nomor 1 dalam investasi adalah tidak kehilangan uang.

UHNWIs bukan orang-orang yang memiliki kemampuan super selalu cuan dalam berinvestasi, akan tetapi mereka tahu kesalahan investasi sederhana apa saja yang harus dihindari.

Banyak dari kesalahan ini merupakan pengetahuan umum yang mungkin tidak pernah kamu sadari.

Berikut adalah daftar kesalahan investasi terbesar yang dihindari oleh UHNWIs.

Investasi Hanya Pada Intangible Assets

Intangible assets artinya adalah aset yang tak berwujud, ketika berbicara investasi pasti kamu hanya terpikirkan oleh saham.

Berbeda dengan investor biasa, UHNWIs juga memperhatikan aset fisik

Baca Juga: Tips Mudah Memeriksa Kesehatan Finansial Kamu

Aset fisik tersebut meliputi properti, tanah, emas, bahkan karya seni. Properti menjadi kelas aset yang populer dalam portofolio mereka untuk menyeimbangkan dengan tingkat volatilitas saham.

Tidak Menyeimbangkan Portofolio Pribadi

Sebagai investor yang baik, kamu harus menyeimbangkan portofolio pribadi. Melalui rebalance yang konsisten, investor dapat memastikan portofolio mereka tetap terdiversifikasi dengan baik dan dialokasikan secara proporsional.

Beberapa investor seringkali tidak melakukan rebalance terhadap portofolio mereka, sehingga membuat mereka ketar-ketir apabila sedang terjadi pergerakan pasar yang fluktuatif.

Portofolio yang terbalance biasanya mencakup campuran yang sempurna, seperti uang tunai, saham, dan obligasi dan toleransi risiko.

UHNWIs selalu  melakukan rebalance portofolio mereka secara teratur agar kesalahan-kesalahan tersebut dapat dihindari.

Tidak Memiliki Strategi Menabung

Siapa sangka, meskipun sudah sangat kaya ternyata UHNWIs masih memiliki strategi menabung loh. Mereka berinvestasi dengan bijak dan tetap menabung rutin dengan bijak.

Sehingga, orang yang sangat kaya dapat fokus pada meningkatkan aliran uang tunai mereka serta mengurangi pengeluaran yang hasilnya adalah meningkatkan kekayaan mereka secara keseluruhan.

Kalo kamu bagaimana, apakah sudah menghindari kesalahan-kesalahan ini?

Sumber: investopedia

Share this post :
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *