5 Instrumen Investasi yang Cocok Untuk Anak Muda

5 instrumen investasi yang cocok untuk anak muda

Sekarang ini kata investasi sudah tidak asing lagi di kalangan anak muda, karena perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat. Sudah banyak juga situs-situs yang memberikan edukasi tentang finansial khususnya investasi secara gratis yang membuat semakin banyak anak muda yang melek investasi.

Dari sekian banyak instrumen investasi yang ada, ternyata ini loh 5 instrumen investasi yang cocok dan diminati oleh kalangan anak muda:

5 Instrumen Investasi yang Cocok Untuk Anak Muda

1. Emas

Sebenarnya emas merupakan salah satu instrumen investasi yang tak hanya diminati oleh kalangan anak muda saja, melainkan hingga kalangan tua juga menyukainya karena dianggap lebih tahan inflasi dan harganya cenderung stabil.

Tak hanya itu saja, orang-orang lebih memilih emas untuk dijadikan instrumen investasi karena memiliki likuiditas yang tinggi sehingga dapat dijual dengan cepat dan juga mudah. Sehingga resiko yang dimiliki oleh investasi emas ini bisa terbilang cukup rendah.

2. Saham

Banyaknya platform dan sekuritas yang ada saat ini membuat orang-orang dapat berinvestasi saham dengan cepat dan mudah. Kemudahan dalam mengakses informasi dan edukasi terkait dengan saham juga menjadikan banyak anak muda mulai tertarik untuk berinvestasi saham.

Sebagai contohnya adalah PintarSaham.id yang selalu memberikan edukasi dan juga insight kepada kamu yang baru mulai belajar di dunia investasi saham.

3. Reksa Dana

Reksa Dana seringkali direkomendasikan kepada investor pemula khususnya anak muda karena modal dan resikonya bisa dibilang cukup kecil apabila dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya.

Tapi tentunya berbeda jenis reksadana berbeda risiko yang dihasilkan. Nah kamu harus cek lebih detail lagi tentang reksadana.

4. Obligasi

Obligasi adalah suatu instrumen keuangan yang merupakan bentuk pinjaman yang diberikan oleh investor kepada perusahaan atau pemerintah. Dalam obligasi, investor akan menerima bunga atas pinjaman yang diberikan, serta pokok pinjamannya akan dikembalikan pada saat jatuh tempo obligasi.

Investor yang membeli obligasi akan menerima bunga atas pinjaman yang diberikan, yang biasanya dibayarkan secara berkala. Jatuh tempo obligasi biasanya terjadi setelah beberapa tahun, dan pada saat itu perusahaan atau pemerintah yang menerbitkan obligasi akan mengembalikan pokok pinjaman kepada investor.

5. Bisnis

Sekarang ini sudah banyak sekali loh anak muda yang sukses di usia muda karena bisnisnya. Jadi tidak ada salahnya jika kamu tertarik untuk berbisnis mulai dari sekarang. Anak muda umumnya memiliki energi dan juga kreativitas yang lebih tinggi, sehingga kamu bisa memikirkan inovasi-inovasi baru yang akan dibutuhkan oleh masyarakat.

Nah, dari kelima instrumen investasi tersebut tentunya memiliki kelebihan dan juga kekurangan masing-masing. Jadi kamu harus melakukan analisa terlebih dahulu mengenai instrumen investasi mana yang cocok untuk kamu jadikan pilihan. Kira-kira kamu lebih tertarik untuk berinvestasi apa nih?

Share this post :
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *