Indonesia Kendaraan Terminal (IPCC) dalam Menangani Dampak Pandemi

Indonesia Kendaraan Terminal (IPCC) dalam Menangani Dampak Pandemi

PT. Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) merupakan salah satu anak perusahaan PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) yang merupakan perusahaan kendaraan terminal di Tanjung Priok.

Layanan yang diberikan juga bermacam-macam seperti, Cargodoring, Stevedoring, Receiving & Delivery, Equipment Processing Center (EPC) dan Vehicle Processing Center (VPC).

Pandemi COVID-19 tentu saja memberikan dampak yang sangat signifikan untuk berbagai jenis industri, termasuk dengan Indonesia Kendaraan Terminal. Hingga saat ini penyebaran virus COVID-19 belum bisa dikatakan usai, karena setiap harinya masih ada kasus yang bertambah.

Namun, bisa dikatakan sudah mulai berkurang sehingga beberapa perusahaan dari berbagai sektor sudah mulai bangkit kembali dan memberikan dampak positif seperti yang dirasakan oleh PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk. (IPCC).

Berkurangnya kasus COVID-19 memberikan dampak positif karena aktivitas manufaktur kendaraan dan logistic sudah kembali meningkat sehingga secara otomatis aktivitas bongkar muat kendaraan di Terminal IPCC pun ikut meningkat apabila dibandingkan dengan awal-awal melonjaknya kasus COVID-19.

 

Pada bulan Oktober 2022, jumlah kargo kendaraan yang dilayani cenderung variatif. Tercatat, total kargo kendaraan CBU di Lapangan Internasional pada bulan Oktober 2022 ditangani sebanyak 39.418-unit atau dalam artian turun 14,22% MoM dari bulan sebelumnya;. Untuk Alat Berat termasuk dengan Bus dan juga truck ditangani sebanyak 1.306-unit atau naik sekitar 9,56% MoM.

Untuk General Cargo ditangani sebanyak 8.001 M3 dalam artian lebih tinggi 142,21% MoM. Tentunya hal tersebut merupakan kenaikan yang cukup signifikan. Di Terminal Domestik sendiri tercatat bahwa CBU sebanyak 28.827 unit, lebih rendah 1,34% MoM, alat Berat sebanyak 6.524-unit dan juga General Cargo sebanyak 1.585 M3 yang dimana masing-masing lebih rendah 7,51% dan naik kurang lebih sekitar 0,56% MoM apabila dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk. (IPCC) juga memastikan kepada seluruh pelanggan bahwa hingga saat ini kegiatan usaha dan pelayanan IPCC masih berjalan dengan lancar dan normal sehingga kelancaran arus logistik dan bongkar muat kendaraan tetap terjaga.

Upaya yang dilakukan oleh PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk. (IPCC) agar tetap bisa bertahan di masa pandemi ini adalah dengan cara menjalankan strategi pembagian shift bergilir bagi petugas operasional  dan juga dibekali dengan  Alat Pelindung Diri (APD) operasi yang terstandardisasi dan tambahan pelindung untuk mencegah penyebaran virus COVID-19.

Dari sisi hukum, tidak terdapat kasus hukum yang terjadi di IPCC selama Pandemi COVID-19 dan dari sisi keuangan sudah mulai mengalami peningkatan karena aktivitas pengiriman kargo kendaraan ke Terminal IPCC yang sudah kembali normal.

Sumber: idx.co.id

Share this post :
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *