Skydrugz Corner: Emiten Pakan Ternak Undervalued

Analisis Saham

Skydrugz Corner: Emiten Pakan Ternak Undervalued

Di postingan sebelumnya kita sudah bahas saham LQ45 https://cutt.ly/l1XlWpG

Di postingan kali ini kita bahas saja emiten pakan ternak. Mengapa? Karena sepanjang 2022, emiten ternak menjadi emiten yang terbuang. Bisa kita lihat sepanjang 2022 ini, emiten pakan ternak terbuang seperti tidak ada harganya. CPIN Si Raja Pakan saja minus 3,78% di 2022. WMUU yang paling sedih karena anjloknya sampai 33,33%.

WMUU

Mengapa emiten pakan kena dump sepanjang 2022?

Apakah karena masalah valuasi?

Secara valuasi memang kita bisa lihat bahwa hanya MAIN yang PBV-nya < 1. Selebihnya sudah di atas PBV 1.

Jadi nampaknya valuasi emiten pakan sudah priced in dengan harga sekarang.

CPIN

Dari valuasi PER pun yang memiliki PER di bawah 15 dan tetap positif hanya JPFA dan WMUU.

Emiten pakan lainnya malah merugi seperti WMPP SIPD dan MAIN

Laba Terbesar

Emiten pakan dengan laba terbesar adalah CPIN dan kedua adalah JPFA.

JPFA

Emiten pakan lain seperti WMPP MAIN SIPD malah rugi di Q3 2022.

Utang Terbesar

Emiten Pakan ternak dengan utang berbunga terbesar adalah JPFA yang mencapai 12,2 Triliun.

WMPP

Cadangan Kas Terbesar

Emiten Pakan ternak dengan cadangan kas terbesar adalah CPIN mencapai 1,5 Triliun. Sedangkan yang paling kecil cadangan kas nya adalah WMUU, hanya 11 Milyar

SIPD

Perbandingan Laba, kas, dan Utang Berbunga

Jika kita bandingkan laba dengan utang emiten maka yang paling sehat hanya CPIN karena 35% utang perusahaan dapat dilunasi oleh laba.

CPIN

Dan CPIN juga yang memiliki perbandingan kas terhadap utang berbunga yang bagus. 17% utang berbunga CPIN dapat dilunasi dengan cadangan kas yang ada. Sebenarnya ini di bawah standar sehat tapi CPIN lebih baik dari emiten pakan lainnya.

Jadi wajar saja kalau CPIN memiliki valuasi lebih premium jika dibandingkan dengan emiten pakan lain. Secara balance sheet dan laba, CPIN lebih unggul.

Kondisi balance sheet emiten pakan rata-rata kurang oke karena beban utang tinggi sedangkan ini zaman interest rate tinggi. Apalagi bahan baku pakan juga impor dan beban dollar tinggi. Itu yang mungkin membuat market kurang memberikan apresiasi untuk emiten pakan.

Tapi yang namanya investasi, semoga saja kita bisa pakai prinsip invest in bad time and you’ll get rich in good time.

Investasi ketika kondisi buruk dengan harapan akan ada perbaikan di masa depan. Kalau harapan tidak terwujud maka tinggal ikhlas saja.

Disclaimer: http://bit.ly/3bLj4Oc
http://bit.ly/3MhGBr6
https://bit.ly/3LsxlQJ
https://bit.ly/3CJthZl

I am Not a Professional Financial Analyst and Advisor. Instrumen saham dan kripto adalah investasi yang beresiko tinggi. Resiko duit hilang 100% tetap ada. So be wise. Keputusan Jual dan Beli ada di Tangan Masing-masing. Disclaimer On.

Bila ingin mendaftar menjadi member Pintarsaham.id bisa hubungi Admin Pintarsaham.id via WA +62 831-1918-1386

Untuk mengetahui Data Kepemilikan Saham di bawah 5% maka bisa daftar gratis di link ini 

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

Share this post :
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *