Skydrugz Corner: Emiten Dengan Goodwill Terbesar di Bursa 

kelas belajar saham private

Skydrugz Corner: Emiten Dengan Goodwill Terbesar di Bursa

Di postingan sebelumnya kita sudah bahas emiten pakan ternak. https://cutt.ly/K1XMVOd

Pada postingan kali ini kita akan bahas emiten di IHSG yang memiliki Goodwill sangat besar.

Apa itu Goodwill? Kalau investor baru yang tidak tahu Goodwill itu apa, bisa cek di Google. Zaman udah maju. Malu bertanya, Google ketawa. Malu bertanya, Google aja.

Saya bahas intinya saja. Goodwill itu hanya metode pencatatan akuntansi ketika seseorang atau sebuah perusahaan beli aset di atas nilai wajarnya.

Misalnya mobil Avanza harga wajarnya hanya 200 juta rupiah. Tapi kamu malah beli Avanza itu di harga 500 juta. Itu artinya Goodwill kamu ketika beli Avanza adalah 500 – 200 = 300 juta rupiah. Ini Goodwill dicatat di laporan keuangan.

Jadi Goodwill itu sebenarnya sebuah istilah halus untuk mengatakan bahwa kamu beli barang kemahalan.

Kalau kamu beli barang di bawah harga wajarnya, itu namanya laba.

Secara pencatatan akuntansi, Goodwill adalah salah satu komponen penyusun ekuitas. Ada yang bilang Goodwill itu semua sehingga sebaiknya di exclude saja dari perhitungan ekuitas. Tapi secara aturan PSAK, Goodwill itu dianggap real.

Goodwill bisa di write off ketika ternyata aset yang dibeli mengalami penurunan kualitas seperti yang terjadi pada saham Buffett di Kraft yang lakukan write off Goodwill https://cutt.ly/L1X0ONw.

Goodwill yang write off akan dianggap sebagai kerugian.

Nah emiten mana yang Goodwill nya besar?

Goodwill

Ternyata emiten dengan Goodwill paling besar di bursa adalah GOTO dengan nilai Goodwill 93,8 Triliun sedangkan ekuitasnya adalah 140,9 Triliun. Dengan demikian ekuitas GOTO tanpa Goodwill hanya sekitar 47 Triliun.

Goodwill GOTO yang mencapai 93,8 Triliun tersebut karena Gojek melakukan merger dengan Tokopedia. Dan Tokopedia dihargai super premium hingga 93,8 Triliun lebih mahal dari harga wajar ekuitasnya.

Di posisi kedua dan ketiga perusahaan dengan Goodwill terbesar adalah INDF dan ICBP yang mencapai 50 Triliun. Bahkan nilai Goodwill ICBP dan INDF jauh lebih besar dari nilai ekuitasnya.

Goodwill ICBP dan INDF menjadi sebesar itu karena akuisisi Pinehill. Jika INDF ICBP melakukan write off Goodwill maka ekuitas keduanya malah bisa minus.

Di posisi keempat dan kelima ada TOWR dan ISAT masing-masing di kisaran 15 Triliun.

Goodwill TOWR timbul karena akuisisi SUPR dan Goodwill ISAT timbul karena akuisisi Tri.

Goodwill, GOTO, INDF, ICBP

Disclaimer: http://bit.ly/3bLj4Oc
http://bit.ly/3MhGBr6
https://bit.ly/3LsxlQJ
https://bit.ly/3CJthZl

I am Not a Professional Financial Analyst and Advisor. Instrumen saham dan kripto adalah investasi yang beresiko tinggi. Resiko duit hilang 100% tetap ada. So be wise. Keputusan Jual dan Beli ada di Tangan Masing-masing. Disclaimer On.

Bila ingin mendaftar menjadi member Pintarsaham.id bisa hubungi Admin Pintarsaham.id via WA +62 831-1918-1386

Untuk mengetahui Data Kepemilikan Saham di bawah 5% maka bisa daftar gratis di link ini 

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

Share this post :
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *