Skydrugz Corner: Riwayat Kas dan Utang Berbunga INDY

Skydrugz Corner: Riwayat Kas dan Utang Berbunga INDY

Di postingan sebelumnya saya sudah bahas tentang valuasi saham perusahaan batubara alias coal https://cutt.ly/41YV5cG

Pada postingan kali ini saya bahas saja riwayat kas dan Utang INDY dari tahun 2008 sampai Q3 2022 karena kebetulan INDY sudah rilis LK Q3 2022. https://cutt.ly/31YBjxw

Jadi INDY adalah salah satu perusahaan batubara yang lumayan bagus dalam mengelola utang. Sejak 2009 perusahaan ini sudah punya banyak utang tapi hingga 2022, perusahaan ini belum pernah melakukan right Issue, Private Placement, dan OWK untuk membayar utangnya. Mereka lebih memilih melakukan refinancing ketimbang melunasi utang. Terakhir kali mereka melakukan penggalangan dana adalah saat IPO 2008.

INDY juga serius garap EBT dan kendaraan listrik. https://cutt.ly/i1YN565

Tapi tindakan itu dapat terjustifikasi karena pertumbuhan utang INDY seiring sejalan dengan pertumbuhan laba dan kas perusahaan.

INDY

Di 2008 utang berbunga INDY adalah 2,7 Triliun dan cadangan kas 2,3 Triliun.

Di Q3 2022 utang berbunga INDY jadi 18 Triliun dan cadangan kas 16,8 Triliun.

Kelihatannya utang INDY memang nambah banyak tapi cadangan kas nya juga ikutan nambah.

Di 2008 cadangan kas INDY hanya mampu cover 86,24% utang berbunga. Tapi di Q3 2022 cadangan kas INDY bisa cover 92,5% utang berbunganya.

Dan Q3 2022 adalah posisi balance sheet terbaik INDY dalam 14 tahun terakhir. Jika di 2023 coal masih rally maka bisa tercover semua utang berbunga INDY.

Tahun 2015 adalah tahun terburuk untuk balance sheet INDY karena cadangan kas perusahaan hanya bisa cover 26,6% utang berbunga. Tapi toh mereka bisa bangkit.

INDY

Tahun terbaik INDY memiliki balance sheet terbaik selain Q3 2022 adalah tahun 2008. Di tahun 2008 kas INDY bisa cover 86% utang berbunga.

Semoga saja di masa depan, cadangan kas INDY makin tebal dan utangnya berkurang.

Disclaimer: http://bit.ly/3bLj4Oc
http://bit.ly/3MhGBr6
https://bit.ly/3LsxlQJ
https://bit.ly/3CJthZl

I am Not a Professional Financial Analyst and Advisor. Instrumen saham dan kripto adalah investasi yang beresiko tinggi. Resiko duit hilang 100% tetap ada. So be wise. Keputusan Jual dan Beli ada di Tangan Masing-masing. Disclaimer On.

Bila ingin mendaftar menjadi member Pintarsaham.id bisa hubungi Admin Pintarsaham.id via WA +62 831-1918-1386

Untuk mengetahui Data Kepemilikan Saham di bawah 5% maka bisa daftar gratis di link ini 

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

Share this post :
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *