Skydrugz Opinion: Sektor Yang Terbuang di 2022

Skydrugz Opinion: Sektor Yang Terbuang di 2022

Dari hasil pantauan Skydrugz Radar 9 Maret 2022, lumayan banyak saham yang terbuang di bursa. Ketika investor pada umumnya fokus pada sektor komoditas dan energi saya justru mengarahkan pandangan di sektor – sektor yang saat ini dianggap sampah oleh investor lain.

Mood investor gampang berubah. Beberapa bulan lalu saham teknologi dan bank mini seperti BUKA dan BACA dianggap sebagai emas sedangkan saham energi dan komoditas dianggap sampah. Namun bulan, sebaliknya yang terjadi. Saham energi dan komoditas dianggap emas sedangkan saham teknologi dan bank mini dianggap sampah.

Kalau kita mengikuti mood market, kita bisa gila. Oleh karena itu ketimbang mengikuti mood market, saya justru lebih memilih ambil posisi yang berlawanan dengan market. Kalau mau jadi kontrarian maka saham yang menjadi incaran sekarang justru saham yang sudah terbuang seperti BUKA BACA BUMN Karya dan lain – lain. Saham – saham yang ditakuti. Karena ketika mood market berubah, saham – saham terbuang ini akan kembali dilirik.

Namun kita harus hati-hati ketika membeli saham yang terbuang. Kita harus bisa membedakan mana saham yang terbuang karena markdown market maker yang ingin serok bawah dengan big dumping big player yang tahu bahwa perusahaan sedang dalam kondisi buruk yang akan menuju pailit. Karena apabila salah memilih saham yang terbuang maka bisa berakhir seperti saham DAJK INVS CPGT TMPI KARK. Saham – saham tersebut juga mengalami fase Dumping yang hebat. Tapi Dumping yang terjadi disebabkan oleh big player memang ingin exit secepatnya. Mereka tidak ingin terjebak dalam saham yang menuju delisting.

Oleh karena itu jangan sembarangan membeli saham yang sedang downtrend. Pastikan dulu itu adalah strong company.

Sebagai contoh di radar 9 Maret 2022 ada beberapa saham seperti PBRX NFCX dan POLL. Tapi saya tidak berani membeli ketiga saham tersebut karena valuasi dan profil utang mereka tidak cocok untuk saya. Bagi investor lain mungkin mereka cocok tapi saya sendiri memilih mencari saham lain valuasinya lebih murah dan profil utangnya lebih aman serta yang utama adalah strong PSP.

Kalau di total, ada sekitar 59 emiten yang masuk dalam Radar umum. Dari 59 emiten ini, tak ada lagi sektor coal dan CPO yang masuk radar.

Sektor yang paling banyak masuk radar adalah sektor konstruksi, sektor makanan-minuman, sektor real estate, sektor material konstruksi dan sektor bank mini.

Sektor-sektor ini terbuang padahal mayoritas dari mereka masih bisa mencetak laba. Mereka dibuang market seperti hendak bangkrut saja. Padahal kondisi balance sheet beberapa dari mereka masih dalam kondisi normal. Tapi memang begitulah mekanisme market bekerja. Kita mustahil melawannya. Sehingga yang bisa kita lakukan hanyalah beli selot selot dan tunggu sampai market memberikan apresiasi.

Saya pernah melakukan hal tersebut di Coal dan menurut saya akan berhasil lagi di sektor konstruksi, properti dan konsumer di masa depan. Buy on bad day, sell on good day.

Buat yang nyangkut di BUKA dan bingung mau average down di harga berapa, bisa cek peta Average down BUKA dan BACA. Nyangkut dan cutloss adalah pilihan hidup.

I am Not a Professional Financial Analyst and Advisor. Instrumen saham dan kripto adalah investasi yang beresiko tinggi. Resiko duit hilang 100% tetap ada. So be wise. Keputusan Jual dan Beli ada di Tangan Masing-masing. Disclaimer On.

Jika ingin membuat rekening sekuritas bisa chat via whatsapp nomor 083119181386

Untuk bisa beli saham di Nasdaq seperti Google, Apple, atau Tesla maka bisa download aplikasi Gotrade di sini.

Beli Merchandise Kaos Pintarsaham.id di tokopedia.com/pintarsaham

Gunakan kode voucher PINTARSAHAM untuk dapatkan cashback 15%

Kalau niat buka tabungan Bank Jago untuk dapat cashback bisa klik link ini https://jadi.jago.com/3IfQIH

Kalau mau buka rekening Bank Neo Commerce untuk dapat cashback bisa pakai link ini https://s.bankneo.co.id/qPJh00 atau kode referal R35000

Bila ingin mendaftar menjadi member Pintarsaham.id bisa hubungi Admin Pintarsaham.id via WA +62 831-1918-1386

Sedangkan jika ingin Trading Kripto bisa daftar di sini

Kode referal Akun Binance SV06XFJZ

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi

Share this post :
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *