Kalau Mau Jadi Trader, Kamu Harus Berani Cutloss

Kalau Mau Jadi Trader, Kamu Harus Cutloss

Ada user SB yang tanya saya tentang bagaimana cara memulai Trading.

Saya hanya bilang, kalau mau belajar trading, maka wajib baca buku. Kalau tidak baca buku maka harus belajar sama orang yang sudah mahir. Dia minta saya ajari dia.

Masalahnya saya ndak jago trading. Saya lebih suka jadi investor ketimbang jadi trader karena saya capek cutloss. Untuk jadi trader, maka cutloss itu wajib untuk mengurangi kerugian dan mencegah duit macet tak terputar. Yang paling ditakutkan Trader adalah opportunity loss. Hilang kesempatan cuan di saham uptrend karena nyangkut di saham downtrend. Jadi saya sarankan saja User tersebut untuk belajar Trading dengan baca buku. Setelah baca buku baru cari orang yang jago.

Beberapa buku yang bisa dibaca untuk memulai jadi trader antara lain:
1. How To Make Money on StocksWilliams O’Neill

Ini buku yang mengajarkan cara menggabungkan Charting dan Analisis fundamental

2. Japanese candlestick charting techniques – Steve Nison 

Ini buku tentang cara melakukan analisis Candlestick.

Jika sudah menguasai dua buku di atas maka setidaknya pikiran bisa lebih terbuka mengenai cara untuk melakukan trading.

Tapi yang paling sulit dari trading adalah cutloss. Seorang Trader wajib melakukan cutloss.

Dari 100 kali trading, akan ada waktunya untuk melakukan cutloss sekitar 10 hingga 99 kali.

Kalau tidak sanggup sering cutloss, maka coba jadi investor. Tapi kalau mau jadi investor harus kuat melakukan analisis fundamental. Makin anjlok, makin dibeli, dan harus sabar menunggu apresiasi market.

Jadi silahkan pilih mau jadi apa. Mau jadi trader atau mau jadi investor.

I am Not a Professional Financial Analyst and Advisor. Instrumen saham dan kripto adalah investasi yang beresiko tinggi. Resiko duit hilang 100% tetap ada. So be wise. Keputusan Jual dan Beli ada di Tangan Masing-masing. Disclaimer On.

Jika ingin membuat rekening sekuritas bisa chat via whatsapp nomor 083119181386

Beli Merchandise Kaos Pintarsaham.id di tokopedia.com/pintarsaham

Gunakan kode voucher PINTARSAHAM untuk dapatkan cashback 15%

Kalau niat buka tabungan Bank Jago untuk dapat cashback 25.000 rupiah dengan menggunakan Kode Referal DRS4DBA0 bisa download aplikasi https://jago.com/download

Kalau mau buka rekening Bank Neo Commerce untuk dapat cashback bisa pakai link ini https://s.bankneo.co.id/qPJh00 atau kode referal R35000

Bila ingin mendaftar menjadi member Pintarsaham.id bisa hubungi Admin Pintarsaham.id via WA +62 831-1918-1386

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

Share this post :
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *