Menu Tutup

Program Yuk Nabung Saham

Yuk Nabung Saham
Yuk Nabung Saham
Program Yuk Nabung Saham

Yuk Nabung Saham (YNS) adalah sebuah kampanye yang mengajak masyarakat Indonesia untuk berinvestasi di pasar modal melalui share saving.  Dengan berbekal mulai dari hanya Rp100.000 setiap bulannya, masyarakat diajak untuk menabung saham secara rutin dan berkala. Tujuan dari penyelenggaraan program Yuk Nabung Saham adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pasar modal Indonesia dan ketertarikan masyarakat dalam berinvestasi dengan mekanisme Nabung Saham. Selain itu kampanye ini juga dimaksudkan untuk merubah kebiasaan masyarakat Indonesia yang awalnya menabung menjadi berinvestasi, sehingga masyarakat Indonesia mulai bergerak dari saving society atau masyarakat menabung menjadi investing society (masyarakat berinvestasi) mengingat menabung itu hasilnya tidaklah signifikan jika dibandingkan dengan investasi saham.

Kampanye Yuk Nabung Saham ingin merubah pola pikir masyarakat yang awalnya menabung harus ke bank menjadi menabung bisa pula ke pasar modal. Skema menabung saham juga hampir sama dengan menabung ke bank yaitu masyarakat bisa menyisihkan sebagian dana (mulai dari Rp. 100.000) per bulan untuk menabung saham. Produk dari program Kampanye YNS adalah saham dan reksadana yang rutin diinvestasikan tiap bulannya. Masing-masing perusahaan efek/sekuritas memiliki nama produk tabungan saham YNS yang berbeda-beda

Menabung saham dapat dilakukan dengan membuka rekening efek di perusahaan sekuritas. Setelah itu, tentukan nominal dana yang ingin disisihkan, lalu tentukan saham yang ingin ditabung. Setelah rekening efek jadi, masyarakat dapat menyetorkan dana secara rutin, atau menggunakan fasilitas auto transfer dari rekening pribadi setiap periode yang telah ditentukan dan setelah itu melakukan pembelian saham secara rutin.

Tidak ada syarat-syarat khusus dalam mengikuti program Yuk Nabung Saham ini. Setiap orang baik mahasiswa, ibu rumah tangga, dosen, guru, karyawan, wartawan dan semua orang apapun profesinya bisa mengikuti program Yuk Nabung Saham ini asalkan memiliki KTP terkait keperluan pembukaan rekening efek.

Dengan Menabung Saham, masyarakat diharapkan dapat secara rutin dan berkala berinvestasi di pasar modal dengan dana minimal Rp. 100.000 saja. Hal ini dilakukan agar investor dapat disiplin berinvestasi di pasar modal.

Saat ini ada 34 perusahaan sekuritas yang telah bekerja sama dengan BEI untuk menjalankan program Yuk Nabung Saham ini. Daftar perusahaan efek/sekuritas yang telah bekerja sama tersebut bisa dilihat di www.yuknabungsaham.idx.co.id

Transaksi pembelian saham di program Yuk Nabung Saham dapat dilakukan secara autodebet melalui perusahaan efek/sekuritas yang telah memiliki produk tabungan saham, ataupun dengan mendatangi bank dan melakukan transaksi berkala kepada ke-9 Anggota Bursa yang telah menyediakan fitur Yuk Nabung Saham.Ke depannya, kami akan mengupayakan agar jumlah perusahaan/sekuritas yang ikut serta dalam program kampanye Yuk Nabung Saham ini dapat bertambah sehingga dapat semakin memudahkan masyarakat yang ingin mengikuti program Yuk Nabung Saham.

Jangka waktu yang dibutuhkam untuk membuka rekening efek hingga dapat melakukan transaksi Menabung Saham adalah sekitar 1 minggu dari waktu formulir diterima oleh perusahaan efek/sekuritas. Jangka waktu tersebut akan berbeda-beda untuk setiap perusahaan efek/sekuritas. Calon nasabah YNS bebas memilih perusahaan efek/sekuritas yang akan dituju untuk membuka rekening efek tanpa paksaan dari pihak manapun. Calon nasabah YNS tidak dapat melakukan kegiatan investasi atau menabung saham langsung melalui kantor BEI. Jika ingin melakukan investasi atau menabung saham maka calon nasabah harus melalui perusahaan efek/sekuritas.

Jika calon nasabah ingin belajar mengenai investasi di pasar modal, calon nasabah bisa mengikuti Sekolah Pasar Modal (SPM) yang diselenggarakan secara rutin oleh BEI. SPM dilakukan untuk memberikan edukasi pasar modal kepada masyarakat dan informasinya bisa diakses diwww.sekolahpasarmodal.idx.co.id.

Pintarsaham.id sebagai salah satu platform edukasi saham di Indonesia juga memberikan informasi-informasi yang diperlukan untuk belajar saham yang baik dan benar khususnya dalam hal analisis fundamental saham, pengelolaan keuangan pribadi dan perencanaan keuangan yang berbasiskan atas profil risiko nasabah. Saat ini pintarsaham.id baru menyediakan website dan sosial media (Instagram, twitter, facebook, youtube channel) yang juga masih dalam tahap pengembangan, nantinya kami juga akan menyediakan ebook , e learnin modul dan games simulasi saham.  Untuk informas lebih jelas bisa mengirimkan e-mail ke kami di : info@pintarsaham.id

Informasi lebih lanjut mengenai program Yuk Nabung Saham dapat dilihat di website BEI (www.idx.co.id), website Yuk Nabung Saham (www.yuknabungsaham.idx.co.id), call center(0800-100-9000), atau email callcenter@idx.co.id). Masyarakat juga dapat menghubungi kantor perwakilan BEI yang ada di 23 kota di seluruh Indonesia. Atau jika nasabah YNS mengalami kesulitan dalam bertransaksi dan menabung saham, nasabah dapat bertanya langsung ke perusahaan efek/sekuritas yang nasabah pilih ketika membuka rekening efek.

Spread the love
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *